Lindungi Jendela dengan Atap Tambahan

14 Februari 2020 | Gaya Hidup | 185 views

Sahabat Tiga Roda, ada cara mudah untuk melindungi jendela hunian agar lebih awet. Perlindungan dilakukan dengan menggunakan atap tambahan yang dipasang di atas jendela. Atap tambahan mampu menahan pendar sinar matahari langsung dan melindungi jendela dari guyuran hujan.

Atap tambahan ini memiliki banyak bentuk. Sahabat Tiga Roda perlu mengenal jenisnya agar dengan mudah menentukan mana yang tepat untuk melindungi jendela.

  1. Atap tambahan dengan menggunakan rangka segitiga. Rangka ini menggunakan kayu yang diikat dengna paku. Rangka untuk menopang balok dan kaso penahan genteng berbahan tanah liat. Desian atap disesukan dengan model atap induknya.
  2. Modifikasi lain dari bentuk atap kantilever dengna menggunakan besi baja. Balok baja ditempel pada tembok dengan menggunakan dinabolt. Biasanya ujung balok baja ditempatkan sling yang dipajack pada tembok. Fungsi kabel baja ini untuk menahan baban gaya tarik dari baja sekalgius menambah dari tiupa aing dan air hujan.
  3. Atap berbentuk datar (konvensional) dengan menggunakan konstruksi kantilever. Bidang datar ini menjorok keluar dan dibiarkan bebas tanpa tiang. Namun, bidang datar yang ditempelkan pada tembok dijepit oleh balk yang menempel pada tembok. Hasilnya, balok dan tembok berperan sebagai penyalur beban atas akibat gerakan angin dan guyuran air hujan.
  4. Atap kanopi. Atap ini menggunakan rangka besi dengan bahan  penutup kain terpal. Rangka besi ini ditempel pada tembok dengan menggunakan dinabolt. Kain terpal berkarakter kenyal, padat dan tidak mudah robek. Bahan ini mampu0 menahan panas dan tidak mudah rembes akibat terguyur hujan.
  5. Apta tambahan dengan tanaman rambat. Fungsi tanaman untuk membut teduh tampilan jendela. Tanaman juga menetralir suhu panas sinar matahari sebelum menengi kusen dan daun jendela.

Sahabat Tiga Roda dapat memilih sesuai dengan selera.



Berita Lainnya