Aplikasi Bata Veneer
Aplikasi Bata Veneer

Material Bangunan
Rumah Cantik dengan Sentuhan Bata Veneer

03 Juni 2015 | Gaya Hidup | 2852 views

Rumah Cantik Bata Veneer. Pernahkah Anda mendengar istilah bata veneer? Secara penampilan, bata veneer ternyata mirip dengan batu bata umumnya, namun secara struktur dan aplikasi sangatlah berbeda. Veneer hanyalah lapisan tipis yang dipasang di permukaan dinding yang sudah berdiri. Tujuannya, untuk mendapatkan aksen tampilan batu bata alami, namun lebih praktis dan estetis.

Ada beberapa jenis yang diproduksi untuk aplikasi indoor maupun outdoor, dengan pemasangan yang sangat bervariasi. Ada beberapa veneer yang tampak sangat mirip dengan bata merah tradisional, sedangkan yang lain memiliki penampilan yang lebih sederhana menjadikan rumah cantik minimalis.

Untuk interior, pada umumnya diaplikasikan untuk dekorasi dinding sekitar dapur, atau untuk menciptakan nuansa industri di rumah-rumah besar a la tempo dulu. Bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan natural dan berbau pedesaan pada ruang tamu, bata veneer dengan unsur dekoratif yang lebih sederhana bisa Anda pertimbangkan.

Pada pemasangan, baik interior maupun eksterior, veneer direkatkan dengan mortar ke dinding. Mortar ditempelkan di dinding terlebih dahulu kemudian bata veneer ditempelkan di atas mortar tersebut. Agar pemasangan rapi, dibuat bantuan dengan plastik spacer untuk menjaga jarak antar bata pada saat pengeringan.

Mestipun bata veneer memberikan kesan rumah cantik mewah dan unik, namun ada beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan saat Anda memutuskan untuk memasang bata veneer di luar rumah. Proses pemasangannya tidak semudah yang dibayangkan, dan Anda tidak disarankan untuk melakukan pemasangan sendiri tanpa pengalaman yang cukup.

Kelemahan lain bata veneer adalah tidak akan menambah kekuatan struktural karena mempunyai struktur terpisah. Bata veneer juga rentan kerusakan akibat air, meskipun hal ini bisa diminimalkan dengan menyediakan lubang drainase di bagian bawah dinding.



Berita Lainnya