Bahan Material Bangunan Rumah Terbaru Teraso Lantai (Bag. 3)

28 Mei 2015 | Gaya Hidup | 2450 views

Inovasi pada suatu produk mempunyai banyak makna dan tujuan. Salah Satu dari tujuan yang ingin dicapai dan diciptakan dari sebuah teknologi pembuatan dan proses pemasangan pada produk teraso, adalah esklusifitas yang merupakan perwujudan dari suatu produk yang customize dan stylish.

Untuk mendapatkan sebuah bangunan rumah yang memiliki fungsi dan tingkat kenyamanan yang tinggi, banyak sekali para pemiliki rumah yang mempercayakan desain rumahnya pada arsitek ternama. Dari sekian banyak desain rumah minimalis yang dibuat oleh arsitek, tidak sedikit yang mempercayakan kepada bahan material alam untuk menciptakan rasa nyaman dan ketenagan bagi penghuni rumah modern.

Teraso hadir sebagai salah satu bahan material bangunan yang merupakan kombinasi dari material alam,semen, dan lain-lain yang dapat digunakan sebagai penutup bahan material lantai, bahan material dinding, dan sebagainya. Teraso mendapatkan tempat yang istimewa di kalangan arsitek.

Hal tersebut dikarenakan teraso salah satu material bangunan yang memiliki sifat “customize” dan “stylish”. Dengan sifat tersebut, maka arsitek dapat mengahdirkan sentuhan dan nilai seni dari teraso di rumah modern pada lokasi tertentu sesuai dengan desain sang arsitek.

Alternatif ukuran dan bentuk yang mampu diterapkan pada teraso sering sekali menjadi pertimbagan arsitek sebagai bahan material bangunan penutup lantai di ruang keluarga ataupun kamar tidur.

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang dokter spesialis bedah ortopedi di Jakarta. Dia mempercayakan kepada salah seorang arsitek ternama untuk mendesain rumahnya di kawasan Bintaro. Sang arsitek pun memilih penggunaan bahan material bangunan teraso sebagai penutup lantai dan juga meja pada ruang keluarga. Bahan material lantai teraso yang dibuat memiliki ukuran 1m x 2m dan motif baru teraso berwarna putih, mampu memberikan kesan luas, sejuk, dan nayaman pada ruang keluarga. Dipadukan dengan meja teraso tanpa sambungan, mengisyaratkan kemewahan di setiap sudut rumah. Design dan pemilihan bahan material bangunan teraso tersebut ditujukan sebagai wujud rumah yang ideal bagi dokter tersebut. Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang rentan terhadap kejenuhan, mungkin konsep ini dapat Anda terapkan di rumah tercinta.

Dari hasil wawancara yang dilakukan pada beberapa arsitek ternama di Jakarta, maka dapat diketahui walaupun teraso memiliki keunggulan sifat yang “customize” dan “stylish”, namun belum semua arsitek memposisikan teraso sebagai alternative pada penentuan bahan material bangunan rumah. Hal tersebut dikarenakan pada proses pemasangan teraso di lapangan masih memiliki beberapa kendala. Kendala utama yang dihadapai dalam penerapan teraso di lapangan adalah standarad keahlian tukang: keterbatasan jumlah tenaga ahli teraso tukang. Kemudian, durasi pemasangan. Lamanya waktu yang dibutuhkan utnuk pengerjaan teraso.

Keterbatasan jumlah tenaga ahli teraso sangat mempengaruhi sang arsitek dalam merekomendasikan penggunaan teraso. Saat ini tidak semua tukang dapat membuat teraso dan juga kualitas teraso yang dihasilkan berbeda pada setiap tukang. Untuk itu, tim Product Application Development PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Berencana mengadakan pelatihan dan standardisasi kerja terhadap tukang teraso. Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan dan menyamakan kualitas dari tiap-tiap tukang teraso yang ada, sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri arsitek untuk merekomendasikan penggunssn teraso pada kliennya.

Sedangkan untuk masalah lamanya waktu pengerjaan, akan sangat terasa apabila pemilik rumah menggunakan teraso pada renovasi rumahnya. Namun apabila teraso digunakan pada bahan material rumah baru, maka lamanya proses pembuatan terado dapat terbiasakan oleh pekerjaan lainnya. Dengan adanya masalah tersebut, maka tim product Application Development PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Berencana akan melakukan research untuk dapat menekan durasi pengerjaan pemasangan teraso menjadi 1-2 minggu. Dengan adanya efisiensi lama pengerjaan teraso, diyakini permintaan terhadap penggunaan teraso semakin meningkat.



Berita Lainnya