Bahan Material Bangunan Rumah PaStone (Bag. 1)

27 Mei 2015 | Gaya Hidup | 2165 views

Sebagai pemenang pertama Indocement Awards 2012 kategori Semen Tiga Roda Product Application Award, Sumarsono WH memiliki segudang prestasi yang tidak perlu diragukan lagi. Bahan baku daur ulang seperti koran, kardus, dan kertas HVS dapat disulap menjadi karya yang memiliki fungsi dan nilai seni yang tinggi. Pria kelahiran Puwekerto 1 Juni 1970 ini dikenal luas dengan karya-karya lukisan 2 dimensi dan ornament dinding rumah (relief). Penggunaan bahan–bahan reycycle sebenarnya sudah ada dalam pikiran Sumarsono sejak tahun 2000, yang kemudian dia kembangkan untuk aplikasi interior rumah.

Dan pada akhirnya Sumarsono menciptakan bahan material bangunan rumah PaStone yang mengantarkannya menjadi salah satu pemenang Indocement Awards 2012. Untuk PaStone sendiri sebenarnya merupakan pengembangan diri dari penggunaan bahan dasar yang sama dengan karya yang sudah dibuat hanya berbeda pada aplikasinya yang tidak terbatas pada lukisan atau seni, tapi juga memiliki fungsi interior rumah.

Banyak sekali kelebihan dari penggunana bahan maaterial bangunan rumah PaStone untuk aplikasi interior rumah dibandingkan dengan menggunakan bahan pada umumnya. Seperti yang dijelaskan Sumarsoono WH kepada bulletin kokoh di Workshopnya yang terleltak di cileubut, Bogor, Jawa Barat.

“PaStone menawarkan tidak hanya produk, tapi juga menjual panel system yang siap pasang. Bagi para pemilik usaha, renovasi sebuah ruangan selain memakan waktu juga dapat menimbulkan kerugian yang signifikan, sebab tidak jarang sebuah tempat usaha seperti restoran harus tutp 15-30 hari untuk menambah dekorasi pada temboknya. Sedangkan dengan panel system PaStone bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat bahan took atau restoran tetap bisa beroperasi”, jelas Sumarsono.

Bersama dengan Indocement, dia berniat untuk terus mengembangkan produknya menjadi lebih baik lagi. Penggunana bahan dasar semen putih Indocement merupakan hal mutlak diperlukan dalam pembuatan PaStone selam ini Indocement banyak membantunya dalam hal riset dari pengembangan PaStone.

Indocemtnt menilai PaStone sejalan dengan visi dari produk kita yang memiliki prinsip, reycycle, reduce dan re-use. Penggunana bahan material bangunan rumah bekas yang dapat secara signifikan mengurangi limbah dan juga sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, hal ini ini disambut baik universitas maupun pemerintah. Untuk remcana kedepannya, Sumarsono berniat untuk menciptkan pengembangan dari PaStone untuk keperluan eksterior, karena sudah cukup masukan maupun permintaan dari konsumen untuk keperluan tersebut.

Dan untuk kerjasamanya dengan Indocement, Sumarsono berharap agar terus didukung baik secara riset maupun bahan material bangunan rumah semen baik semen putih, semen type V dan type II sebagai material alternative. Sebab dia sudah mencoba beberapa jenis semen lain maupun produk Semen Tiga Roda yang memiliki kualitas yang memenuhi standard yang dibutuhkan.



Berita Lainnya