Bahan Material Bangunan Rumah Kusen Beton (Bag. 3)

26 Mei 2015 | Gaya Hidup | 2425 views

Green Kusen Beton Berkualitas

Terkadang sebuah inovasi dapat muncul dari sebuah permasalahan yang membutuhkan sebuah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dilatar belakangi oleh adanya masalah rayap pada daerah di Jawa yang merusak produk berbahan dasar kayu seperti kusen, terciptalah sebuah produk yang bernama “kusen beton”

PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. menjalin kerja sama penelitian dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan material bangunan rumah kusen beton berkualitas dan sesuai dengan harapan pasar. Kemajuan yang didapat dari hasil kerjasama tersebut, menghasilkan kesimpulan akhir, yaitu mendapatkan mortar yang ringan, menambahkan unsur serat alam, mendapatkan sisitem sambungan yang mudah serta mampu menahan beban gempa, dan pastinya mengutamakn harga yang kompetitif.

Dengan merujuk pada hasil penelitian yang saat ini sudah selesai dilaksankan, maka kami dapat menampilkan beberapa keunggulan dan kelebihan dari new kusen beton sebagai berikut:

1.Ringan, berat kusen beton hanya volume 1400 kg/m3

2.Kuat, kusen beton memeiliki kuat tekan pada umur tujuh hari sebesar 70 kg/cm, serta mampu menahan lentur dari beban sebesar lebih dari 300 kg.

Dengan hasil akhir, dimensi, bentuk serta sisitem sambungan yang menyerupai kusen kayu, maka di harapkan produk ini dapat menggantikan penggunan kusen kayu di masyarakat. Lebih lanjut, new kusen beton diproyeksikan mampu bersaing dengan kusen alumunium dan UPVC. Keunggulannya juga sudah mampu menarik minat konsumen salah satunya adalah Elang Group. Perusahaan property yang berlokasi di kota Bogor ini telah membangun ribuan rumah dari 17 perumahan. Dan sejak tahun 2011 telah mengaplikasikan produk kusen beton pada sebagian-sebagain proyeknya. Bersama dengan Indocement, Elang Group mendapatkan dukungan berupa transfer teknologi dan bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat bahan material bangunan rumah kusen beton. CEO dari Elang Group, Elang gumilang mengaku sangat senang dengan adanya penegembangan dari kusen beton ini, sebab selain memiliki bnayak keuggulan di bandingkan dengan kusen kayu, produk ini juga memeiliki nilai jual yang baik dan harga yang ekonomis serta sederet keunggulan lainnya.

Kusen Beton memiliki banyak keunggulan, selain anti rayap, juga kuat dan dari segi harga sangat ekonomis. Dan bagi kami, penggunaan bahan material bangunan rumah yang ramah lingkungan serta dapat membantu dalam membuka lapangan pekerjaan. Kami memiliki visi yang sama dengan Indocement yaitu adanya keinginan untuk memeberdayakan masyarakat”, jelas Elang Gumilang disela sela kesibukannya kepada bulletin kokoh. Selain Elang Group, salah satu pengurus APPERSI (Assosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia) tertarik untuk menggunakan new kusen beton pada proyek perumahan di Tuban Jawa Timur.

Tahapan selanjutnya adalh proses transfer teknologi ke parent industry untuk masuk ke tahap produksi dan hal ini memerlukan training dan edukaasi dari Tim Product Application Development (PAD) dan ITB agar didapat hasil sesuai standard kualitas Lab. Rekayasa struktur ITB. Kemudian untuk meyakinkan penerimaan produk tersebut di masyarakat adalah pentingnya mendapatkan sertifikat SNI untuk new kusen beton, sehingga tidak ada keraguan sedikitpun dari masyarakat untuk menggunakannya pada berbagai proyek perumahan di semua kalangan serta akhirnya masuk ke pasar retail.



Berita Lainnya