Bahan Material Bangunan Rumah Kusen Beton (Bag. 2)

25 Mei 2015 | Gaya Hidup | 2316 views

Keunggulan Green Kusen Beton Berkualitas

Seiring waktu yang terus berputar, pengalaman dan pengetahuan kita juga bergerak terus kea rah yang lebih baik. Dalam artikel kami sebelumnya, “Beton solusi tepat dan berkualitas pengganti kusen kayu” (edisi 29/TH.06/Februari 2012), dijelaskan mengenai keunggulan beton jika dibandingkan dengan jenis kusen lainnya, seperti kayu, alumunium, UPVC, dan sebagainya.

Untuk makin menyempurnakan keunggulan sekaligus menimilisasir kekurangan dan kelemahan produkkusen beton tersebut, Product Application Development (PAD) PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Menjalin kerja sama penelitian dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan material bangunan rumah beton berkualitas dan sesuai dengan harapan pasar.

Kemajuan yang didapat dari hasil kerja sama tersebut, menghasilkan kesimpulan akhir, yaitu mendapatkanmortar yang ringan, menambahkan unsur serat alam, mendapatkan system sambungan yang mudah serta mampu menahan beban gempa, dan pastinya mengutamakan harga yang kompetitif. Dengan merujuk pada hasil penelitian yang saat ini sudah berada di tahap akhir, maka kami dapat menampilkan beberapa keunguulan dan kelebihan dari new beton sebagai berikut:

Dengan melihat table 1, terlihat bebrapa keunggulan dari new beton, yaitu yang paling signifikan, tentu saja kepadatannya tereduksi (berat menjadi ringan). Pada berat volume 1400 kg/m3 tersebut, mortar memiliki kuat tekan pada umur tujuh hari sebesar 70 kg/cm, serta mampu menahan lentur dari beban sebesar lebih dari 300 kg. Ini sebagai dampak positif dari penggunana Serat sabut kelapam sehingga meningkatkan kuat lentur pada mortar samapi 25 persen (sumber:Partogi, Itb). Lebih jauh lagi adalah harga terpangkas sekitar 43 persen, dari Rp. 35.000 per meter panjang menjadi Rp 20.000 per meter panjang.

Secara visual, dimensi kusen beton dibuat menyeruapai kusen kayu yaitu 6/12 cm ataupun 5/10 cm. Dibawah ini terlihat penampang dari New Beton.

Dengan hasil akhir, dimensi, bentuk serta system sambungan yang menyerupai kusen kayu, maka diharapkan produk ini dapat menggantikan penggunan kusen kayu di masyarakat. Lebih lanjut, betondiproyeksikan mampu bersaing dengan kusen Alumunium dan UPVC. Keunggulannya juga sudah mampu menarik minat calon konsumen, yaitu tertariknya salah satau pengurus APPERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia) untuk menggunakan new beton pada proyek perumahan di Tuban, Jawa Timur.

Tahapan selanjutnya adalah proses transfer teknologi ke partner industry untuk masuk ke tahap produksi dan hal ini memerlukan training dan edukasi  dari Product Application Development (PAD) dan ITB agar didapat hasil sesuai standar kualitas Lab. Rekayasa Struktur ITB. Kemudian untuk meyakinkan penerimaan produk tersebut di masyarakat adalah pentingnya mendaptkan sertifikat SNI untuk New Beton, sehingga tidak ada keraguan sedikit pun dari masyarakat untuk menggunakannya pada berbagai proyek perumahan di semua kalangan serta akhirnya masuk ke pasar retail.



Berita Lainnya