Bahan Material Bangunan Rumah Terbaru Teraso Lantai (Bag. 2)

23 Mei 2015 | Gaya Hidup | 5850 views

Sistem pemasangan “Cast In Site”

Seperti diketahui secara umum, teraso lantai mempunyai sifat-sifat yang tidak dimiliki oleh produk penutup lantai lainnya. Ciri khasnya yang utama adalah mampu menyimpan dan menguapkan suhu. Pori-pori pada permukaan yang cukup signifikan menghasilkjan reaksi pada suhu temepratur turun (dingin), uap air di dalam pori-pori teraso lantai keluar dan menghasilkan suhu hangat. Sebaliknya, pada cuaca panas, air yang terserap oleh pori-pori teraso lantai akan mengakibatkan temperatur turun dan menimbulkan hawa yang sejuk.

Pada era modern proses produksi lantai teraso kini lebih sederhana, motif yang fleksibel dan berorientasi pada produk yang mendukung untuk mengurangi efek rumah kaca dan global warming. Tidak seperti sebelumnya yang merupakan hasil produksi di pabrik pembuatan lantai teraso dan berbentuk kepingan persegi dengan ukuran 20 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm, sampai 60 cm x 60 cm (manufacture tiel) sesuai permintaan pasar.

Teraso floor saat ini langsung di buat di lokasi proyek dengan ukuran dan motif, serta penggunaan bahan material bangunan yang beragam sebagai pengganti batu teraso. Terrazo stone atau batu teraso bisa digantikan dengan beberapa bahan material bangunan pengganti, seperti kaca, keramik, dan sebagainya.

Sistem pembuatan bahan lantai teraso langsung di lokasi disebut “cast in site” system. Cast in site system adalah proses pembuatan lantai teraso dengan tahapan-tahapan pekerjaan meliputi pembuatan/pencampuran adukan (mortar), pengecoran, dan sekaligus poles lantai teraso langsung di lokasi proyek. Cast in site system saat ini menjadi pilihan para penggemar lantai teraso karena faktor kepraktisan dan fleksibilitas dalam motif, bentuk, dan ukurannya. Lebih lanjut lagi, Cast in in site system lebih praktis dan lebih efisien, baik dari sisi biaya dan waktu.

Pada saat ini selain dipergunakan untuk penutup lantai, teraso tile juga banyak diaplikasikan pada bentuk-bentuk produk non lantai. Contoh yang banyak dipakai oleh masyarakat umum, yaitu teraso bathup, westafel, yakuzi, urinoir, patung-patung, furniture indoor, outdoor, dan sebagainya.

Pada akhirnya bisa disimpulkan bahwa masyarakat saat ini sudah menyadari dan mengerti produk teraso lantai dan bentuk turunannya yang eksklusif, sekaligus mempunyai nilai seni yang tinggi.”

Teraso Lantai sebagai “Go Green Product”

Kata “Go Green” sering terdengar pada saat ini, namun masih banyak masyarakat yang kurang memahami arti kata “Go Green” itu sendiri, hal ini terjadi karena kurangnya publikasi dan informasi secara jelas. Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa menggunakan produk yang berlogo Green product, berarti sudah ikut menyuksuskseskan program Go Green. Arti sebenarnya dari Go Green adalah Niat, Motivasi, dan Tindakan yang secara sadar memutuskan untuk memilih system dan proses yang berorientasi padaramah lingkungan (Go Green).

Berdasarkan pengertian diatas, dapat dirumuskan bahwa teraso lantai merupakan produk Go Green. Hal ini bisa dijelaskan dengan menghubungkan sifat dan karakteritik dari teraso, yaitu kemampuan untuk menyimpan dan menguapkan suhu. Dengan demikian, teraso dapat mengurangi penggunana AC. Mengurangi penggunaan AC berbanding lurus dengan penghematan energy listrik, artinya sifat yang mengakomodasi ramah lingkungan.

Ciri lainnya dari teraso lantai adalah motifnya yang berasal dari bahan sisa (limbah), hal ini merupakan upaya Re-use. Motif batu teraso lantai hasil sisa penambangan batu marmer, pecahan kaca, dan pecahan keramik merupakan upaya nyata pemanfaatan hasil limbah umtuk menghasilkan produk yang bernilai tinggi. Tentu saja mempunyai faktor kekuatan dan daya tahan yang tinggi.

Beberapa literature dari luar negeri juga telah menggambarkan beberapa keunggulan teraso dibandingkan produk penutup lantai lainnya, salah satunya bahwa teraso lantai mempunyai nilai yang lebih baik baik dibandigkan dengan pentutup lantai lainnya.

Namun hal tersebut sebanding dengan kualitas hasil teraso lantai yang merupakan sinergi antara keindahan dan kekuatannya. Terlebih lagi bahwa lantai teraso adalah “Go Green” produk.



Berita Lainnya