Solusi Bahan Bangunan Lantai Keramik Tahan Air

24 Mei 2015 | Hunian Impian | 6410 views

Musim hujan tiba, bencana banjir pun menyapa. Bagi Anda yang tinggal di lokasi rawan banjir, datangnya luapan air ini adalah hal yang tidak bisa dihindarkan. Tak hanya kerugian harta benda sebagai imbasnya, kadang kesehatan dan keselamatan jadi taruhan.

Dari segi fisik bangunan rumah, banjir cukup memberi dampak kerusakan. Jika sampai masuk ke dalam rumah, interior rumah akan menjadi korban. Lantai tergenang kadang membuat bahan bangunan lantai keramik ini terangkat atau copot. Untuk mengantisipasinya, berikut alternatif solusi lantai keramik rumah tahan air.

Bagi rumah Anda yang berlokasi di wilayah rawan banjir, sebaiknya tidak menggunakan bahan bangunankeramik sebagai penutup lantai. Hal ini dikarenakan adukan plester pada dasar bahan bangunan lantai keramik yang tidak sesuai. Adukan plesteran tersebut tidak mampu menahan rembesan, akibatnya air tanah dapat merayap naik ke permukaan, sehingga timbul rembesan melalui nat-nat keramik yang kemudian melimpah ke permukaan. Sebagai ganti lantai keramik rumah, Anda bisa menggunakan semenekspos untuk finishing bahan lantai tahan air di rumah. Bahan utama yang digunakan adalah campuran pasir halus dan semen dengan perbandingan 1 : 1. Ukuran ketebalannya adalah 2-3 centimeter. Setelah itu permukaannya diberi lapisan semen tipis, dengan ketebalan sekitar dua milimeter.

Warna abu-abu polos hasil finishing semen ini sudah cukup bagus bagi sebagian orang, karena bahan bangunan lantai semen semakin lama biasanya justru semakin mengilap. Namun jika Anda merasa terlalu monoton, Anda bisa memberinya garis-garis atau nat layaknya ubin. Jadi tampilannya bisa seperti ubin buatan pabrik.

Jika Anda masih kurang puas dengan tampilannya, gunakan bahan bangunan lantai semen poles dari bahan semen portland biasa atau semen putih. Jika ingin tampil warna lain, Anda bisa menambahkan semen warna sesuai selera. Tampilan bahan bangunan lantai dari semen poles ini terlihat mengilap. Sedangkan untuk nat, bisa menggunakan aluminium, kaca, atau kuningan. Nat dengan bahan alumunium dan kaca akan mengesankan susana yang elegan dan modern, sedangkan nat kuningan akan tampak lebih klasik.

Dengan bahan bangunan lantai semen ini, selain sebagai lantai tahan air, dijadikan sebagai solusi lantai bocor, juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Penghematan bisa  maksimal dengan memangkas ongkos tenaga kerja, waktu, dan bahan bangunan ketimbang menggunakan bahan bangunan lantai keramik.



Berita Lainnya