Menggunakan Bahan Material Lusicon si Bata Ringan Ramah Lingkungan (Bag. 2)

15 Mei 2015 | Hunian Impian | 2104 views

Lumpur Bata Ringan Siap Pakai

Pada artikel bata ringan ramah lingkungan di bagian pertama telah di bahas hasil penelitian dari lusicon. lusicon berasal dari semburan lumpur yang tidak juga menunjukan tanda berhenti menyebabkan usaha untuk mengurangi volume lumpur ini menjadi topic utama dalam setiap pembahasan mengenai dampaknya terhadap lingkungan. Untuk mengatasi masalah lingkungan itu, sudah banyak upaya yang dilakukan, tetapi belum banyak hasil yang bisa menunjukan potensi untuk dapat di aplikasikan di lapangan.

Sementara itu ternyata belum banyak peneliti yang memnfaatkan Lusi (Lumpur Sidoarjo) ini sebgai bahanutama pengganti semen disebabkan karena sulitnaya bahan material bangunan ini bereaksi dengan semenPortland dalam kondisi basah maupun kering. Diperlukan usaha tambahan untuk mengubah matrial ini menjadi bahan pozolanik yang bisa bereaksi dengan semen Portland. Selanjutnya diperlukan penelitian yang intensif dan kontinu tentang berapa banyak semen Portland yang bisa dikurangi untuk digantikan dengan bahan pozolanik dari Lusi.

Tim Product Application Development Indocemet bekerja sama dengan Dr. Eng Jnuarti Ekaputri, ST. MT dan Prof Ir Triwlan dari intitut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), mencoba untuk melakukan penelitian dan mengembangkan lumpur sidoarjo menjadi sebuah bahan material alternative yakni bata ringan ramah lingkungan yang berguna bagi masyarakat umum. Penelitian ini juga direncanakan untuk menciptakan komposisi campurang (mix design) yang optimum untuk membuat produk bata ringan ramah lingkungan.

Sampai kini hasil penelitian meneunjukan bahwa bata ringan ramah lingkungan yang berbahan campuran lumpur Sidoarjo berunjuk kerja baik. Berat jenisnya hanya sekitar 800 kg/m3. Ini bererti bahwa bata ringan ramah lingkungan tersebut dapat mengapung pada air.

Kuat tekan bahan material bangunan bata ringan ramah lingkungan tersebut direncanakan memiliki kuat tekan 4 Mpa yang amna saat ini hasil dari uji kuat tekannya sudah mendekati 4 Mpa. Spesifikasi dan kinerja bata ringan ramah lingkungan berbahan lumpur Sidoarjo setara dengan produk bata ringan yang diproduksi oleh pabrikan yang sudah ada dan jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan prduk bata ringan yang ramai di rpoduksi industry kecil sekrang ini. Agar nantinya produk bata ringan dari lumpur Sidaorjo mampu bersaing dengan produk yang sudah ada di pasaran, maka ukurannya direncakanan modular. Sehingga diharapkan produk tersebut dapat diterima pasar dengan cepat.

Rencananya, setalah proses trial di lapangan berhasi dilakukan, maka untuk selanjutnya akan dilakukan proses produksi secara kontinyu sehingga bisa dipasarkan setidaknya untuk wilayah sekitar kota Surabaya dan Sidoarjo.

Brikut ini grafik perbandingan produk bahan material bangunan bata ringan ramah lingkungan LusiCon dengan produk komersial lainnya.

Penelitian lanjutan mengenai LusiCon ini akan dilanjutkan dengan pertimbangan pemanfaatan aplikasi serta agar produk yang dihasilkan bisa dimaanfatkan bukan hanya untuk menghasilkan bata ringan saja tetapi bisa diterapkan untuk elemenn struktur bahan material bangunan rumah lainnya, khususnya untukbeton ringan ramah lingkungan Precast” jelas Dr. Eng Jnauarti Jaya Ekaputri, ST. MT.



Berita Lainnya