Sistem Kendali Air Pada Bahan Material Bangunan Rumah

13 Mei 2015 | Hunian Impian | 4897 views

Sistem kendali air pada suatu proyek bangunan sangat penting dalam mencapai hasil yang terbaik terutama untuk dinding bangunan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menyikapinya :

  1. Selama musim hujan kita harus menutupi bata merah atau bata ringan saat di antar ke proyek. Kita perlu melindungi tumpukan batu bata dari kendali tinggi permukaan air hujan sehingga mereka tidak menyerap terlalu banyak air sebelum dipalikasikan. Keduanya sangat menyerap dan dapat menyimpan banyak air yang akan mempengaruhi waktu pengeringan dalam pengerjaan pasangan bata, plester, dan acian.
  2. Pemasangan atap terlebih dahulu merupakan langkah yang terbaik sebelum memulai plester, agar batu bata memiliki waktu untuk kering dan dinding akan terlindung dari hujan. Jika dinding dibiarkan terbuka, akan terkena hujan maka kita harus menyiapkan terpal untuk menjaga dinding agar tetap kering dan untuk melindungi plester, serta acian selama aplikasi. Foto diatas menunjukan bahwa kontraktor telah menyiapkan penutup yang baik untuk dinding yang terbuka selama pembangunan pada desain minimalis. Menjaga hasil pengerjaan acian pada area yang terbuka setidaknya satu hari setelah selesai aplikasi, agar terlindungi dari air hujan. Hujan dapat mudah terserap masuk kedalam acian yang masih basah (belum kering sempurna) kemudian akan melemahkan ikatan pada plester atau dapat merusak permukaan aciannya.
  3. Kendali suhu air sangat penting untuk menambah kekuatan pada setiap produk yang mengandung semen. JIka pasangan bata, plester, atau acian mongering terlalu cepat kita mendapatkan hasil yang lemah dan berdebu. Seiring dengan waktu kekuatan semen akan terjadi peningkatan, yang dimana proses itu disebut hidrasi dan pada mortar kita dapat mencapai kekuatan 80 persen samapi 90 persen dalam waktu dua minggu setelah aplikasi. JIka dinding mongering terlalu cepat, tidak ada proses hydrasi pada semen maka peningkatan kekuatan akan otomatis berhenti. Hindari aplikasi di bawah terik matahari langsung atau dalam kondisi berangin kencang. Seorang tukang yang berpengalaman dan bagus, lebih mengerti terhadap jumlah air yang diperlukan utnuk membasahi dinding plester untuk mengaci, yang mana jumlahnya tergantung pada kondisi dinding dan cuaca.
  4. Plester trasisional memiliki resiko penyusutan yang sangat tinggi yang disebsbkan oleh kandungan lumpur yang tinggi pada pasir, gradasi buruk dari pasir, atau kandungan semen yang tinggi. Penyusutan berbanding lurus dengan pengingkaytan kekuatan, kira-kira 80 persen sampai 90 persen baru selesai setelah dua minggu. Jangan aplikasikan acian (tradisional atau mortar) sebelum 2 minggu, apalagi plester mengalami penyusutan, maka akan menyebabkan keretakan pada acian.
  5. Kelembaban air dalam dinding dapat berasal dari berbagai sumber, yaitu air yang terperangkap dalam batu bata, plester yang belum kering, terkena hujan langsung, cuaca lemabab, kelembaban dari tanah dan membasahi dinding terlalu banyak sebelum aplikasi acian. Pada pengeringan sempurna kami menargetkan kandungan kelmbababn air kurag dari 15 persen. JIka kelembaban air kurang dari 15 persen. Jika kelembabannya lebih tinggi dari itu maka waktu pengeringan akan lebih lama.

Salah persepsi “Mortar adalah lama kering “

Banyak toko, tukang, mandor, dan kontraktor percaya bahwa mortar tidak bagus karena “lama kering”. Mmemang benar apabila jika kita membandingkan 1m2 acian semen murni dengan 1m2 dari acian mortar, semen murni tentu tentu akan lebih cepat kering sehingga lebih mudah terjadi retak dan lepas karena faktor cepat kering. Mereka semua tidak menyadari bahwa dalam hal efisiensi keuntungan, kecepatan, dan kualitas kita harus melihat proses rencana pengerjaan bangunan itu secara keseluruhan seperti yang tertera pada Tabel1. Terlihat bahwa acian semen tradisional jauh lebih lama dalam ha aplikasi, pengeringan, dan pengecatan dibandingkan dengan TR 30 Acian Putih.

Pada table diatas kita dapat melihat TR30 Acian Putih telah mengurangi hamper dari sentengah rencana program pembangunan. Pengeringan plester untuk kedua produk adalah 14 hari. Aplikasi acian semen buth 4 hari dan aplikasi TR30 Acian Putih memerlukan waktu 2 hari. Waktu pengeingan sebelum pengecatan adalah 21 hari untuk acian semen dan 5 hari untuk TR30 Acian Putih. Waktu pengecatan adalah 8 hari utnuk acian semen dan 4 hari untu TR30 Acian Putih.



Berita Lainnya