Aplikasi Bahan Material Bangunan Rumah dalam Membuat Tandon Air Beton

08 Mei 2015 | Hunian Impian | 29589 views

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Begitu besar manfaat air dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi air diantaranya digunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan lain lain. Apabila kita melihat siklus hidrologi, begitu luar biasa dan seimbangnya alam ini diciptakan.

Pengadaan air bersih di Indonesia pada skala besar masih terpusat di daerah perkotaan dan dikelola oleh perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota setempat. Untuk dareah yang belum mendapatkan pelayanan air bersih dari PDAM, umumnya mereka menggunakan air sumur, air sungai, air hujan, sumber mata air, dan lainnya.

Permasalahan yang timbul yakni masih banyak daerah di Indonesia yang mengalami kondisi susah mendapatkan air. Bahkan untuk di di wilayah perkotaan, masih banyak wilayah yang debit air PDAMnya flukuatif. Pada waktu dan daerah tertentu, air PDAM sama sekali tidak mengalir. Sedangkan di daerah pedesaan, banyak yang mengalami susah air dikarenakan sumber mata air yang rusak dan sebagainya. Selain permasalahan tersebut, sering pula dijumpai bahwa kualitas air tanah maupun air sungai yang digunakan masyarakat kurang memenuhi syaratsebagai air minum yang sehat, bahkan di beberapa tempat tidak layak untuk diminum. Air tanah sering mengandung zat besi dan mangan cukuo besar. Adanya kandungan Fe dan Mn menyebabkan warna air berubah menjadi kuning kecoklatan setelah beberapa saat kontak dengan udara.

Seiiring dengan hadirnya permasalahan utnuk mendapatkan air bersih, berbagai usaha dilakukan masyrakat untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat bak penampungan (tandon) air dari beton sebagai sarana untuk menyimpan air bersih. Beberapa orang melihat peluang usaha dari keadaan ini, dengan membetuk usaha penyimpanana dari penyediaan air bersih. Salah satu contohnya adalah Bapak Doddy (PT. Prima Duta) adalah seorang pengusaha tendon air beton dengan system pracetak dari Jakarta.

Usaha ini memiliki market untuk daerah Jakarta dan sekitarnya (terutam untuk daerah yang memiliki kendala terhadap debit air PDAM). PT. Prima Duta menyediakan tendon air cor beton dengan beraneka ragam volume, mulai dari 1 m3, 1,5 m3 hingga 3 m3. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh tandon air beton produksi PT. Prima Duta, di antaranya:

  • Harga murah
  • High Durability
  • Tahan Bocor
  • Hemat tempat (karena di tanam di dalam tanah). Dan lain lain.

Dalam waktu satu bulan, biasanya pak Doddy mendapatkan pesanana 40-50 unit bak tandon air cor dalam berbagi ukuran. Metode pembuatan dan juga pemasangan dari bak penampung tangki air beton tersebut masih tegolong sederhana. Bak penmapung air dari beton tersebut murni berfungsi sebgai penampung air, sehingga masih membutuhkan pompa air listrik (jet pump) untuk dapat mengalirkan air ke dalam rumah. Menyadari bahwa masyrakat di Indonesia ini masih banyak yang membutuhkan tandon air beton tersebut, maka tim product Application Development PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. memiliki suatau ide dan rencana untuk mengembangkan tandon air beton tersebut agar lebih memiliki nilai tambah di masyarakat.

Adapaun yang ada dalam rencana tim product Application Development adalah mendesai tendon air beton yang mampu mengalirkan air untuk kebutuhan rumah tangga tanpa menggunakna jet pump lagi. Prinsipnya adalah beton di manfaatkan untuk menenkan air dalam tendon, sehingga air tertekan kemudian mengalir ke pipa saluran sanitasi rumah tangga. Desain ini sekarang sedang dalam tahap pembuatan prototype dan diharapkan bisa terwujud pada semester ke-2 di tahun 2012 ini.



Berita Lainnya