Lakukan 4 Aktivitas Ini Menyambut 17 Agustus

03 Agustus 2015 | Gaya Hidup | 7058 views

Bulan Agustus adalah bulan istimewa bagi kita, Bangsa Indonesia. Pasalnya bulan ini kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, dan untuk tahun ini kita memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 kalinya. Apa yang biasanya Sahabat Tiga Roda lakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan? Jika biasanya tidak ada kegiatan khusus yang kita lakukan menjelang Hari Kemerdekaan, tidak ada salahnya kali ini kita mencoba aktivitas menarik yang bisa mempercantik rumah, lingkungan, sekaligus menumbuhkan rasa kebangsaan dan membangun keakraban dengan keluarga juga lingkungan sekitar.

1. Mengibarkan Bendera di Rumah

Mulailah dengan hal kecil yang selalu dilakukan saat menjelang Hari Kemerdekaan, yaitu mengibarkan bendera merah putih kebanggaan kita di depan rumah. Meskipun hanya dilakukan di Bulan Agustus, seringkali ritual kecil seperti ini tidak dijalankan, padahal bisa meningkatkan semangat juang bagi kita dan keluarga, selain itu bisa menanamkan rasa kepemilikan dan kebangsaan bagi anak-anak di rumah dan lingkungan sekitar.

Nah, masih ingatkah dimana Anda menyimpan bendera merah putih? Tidak ada salahnya jika dari sekarang mulai mencari dan mempersiapkan atribut kebangsaan yang satu itu. Periksa kondisinya dan cucilah supaya terlihat lebih fresh.

Satu lagi hal yang penting adalah tiang bendera. Biasanya tiang yang satu ini memang menunaikan tugasnya hanya beberapa kali dalam satu tahun. Maka tak jarang lebih banyak menghabiskan waktunya di sudut gudang dan tidak tersentuh. Mulailah mengeluarkannya dan bila perlu dilakukan pengecatan ulang. Jangan lupa juga mempersiapkan lokasi penempatan sang merah putih di halaman rumah ya.

2. Mengecat Rumah

Bagi beberapa orang, event kemerdekaan seringkali menjadi momentum melakukan ritual mengecat rumah, minimal pagar rumah, agar rumah tampak lebih segar. Selain itu, hal ini biasa dilakukan untuk menyelaraskan penampilan fasad rumah agar lebih matching dengan kondisi lingkungan yang biasanya juga disegarkan melalui kerja bakti warga.

3. Menghias Rumah

Peringatan hari kemerdekaan memang perlu memunculkan suasana semarak, tak terkecuali pada hunian. Menambah pernik-pernik bernuansa nasionalisme bisa menjadi pilihan dalam memperingati hari bersejarah Indonesia. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang bisa dikreasikan menjadi hiasan 17-an, misalnya membuat lampion dari kertas, membuat hiasan lampu kerlip atau bahkan membuat hiasan dari bekas gelas air mineral bernuansa merah-putih. Pastinya kegiatan mendekorasi rumah ini akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama seluruh anggota keluarga, termasuk juga si kecil. Sesekali berilah kebebasan bagi buah hati untuk berekspresi sebagai salah satu usaha merangsang kreativitas sekaligus menanamkan euforia kemerdekaan.

4. Ayo Kerja Bakti!

Ini dia salah satu kegiatan wajib menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia. Ya, kerja bakti memang seringkali diselenggarakan menjelang 17 Agustus. Membersihkan selokan, memperbaiki fasum/fasos, mengecat trotoar, bahkan membangun gapura di pintu utama kompleks pemukiman menjadi beberapa agenda yang biasa dilakukan dalam kerja bakti warga. Tentunya momen ini juga menjadi sarana silaturahmi antar warga yang juga memperkuat kekerabatan antar sesama. Jangan lupa juga untuk melibatkan semua anggota keluarga ya!

Nah, itu dia berbagai aktivitas yang bisa dilakukan untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Oya, jangan lupa juga ajak semua anggota keluarga untuk bersama-sama mengibarkan bendera merah putih di depan rumah pada tanggal 17 Agustus. Lakukan dengan khidmat dan jangan lupa hormat ya.

Selamat merayakan kemerdekaan...

MERDEKAAA!!!



Berita Lainnya