Barbeque-an Yuk !

21 September 2015 | Gaya Hidup | 4719 views

Siapa yang tidak girang saat mendapat ajakan “barbeque-an yuk?” ? Rata-rata kita akan susah menolak apabila agenda yang satu ini muncul entah dari teman maupun keluarga sendiri. Nah, momen yang biasa menjadi ajang untuk ‘bakar-bakaran’ ini paling sering datang ketika Hari Raya Idul Adha tiba. Ya, saat berkumpul keluarga di hari itu terkadang disemarakkan dengan makan bersama lewat ritual bakar sate atau memanggang daging. Wajar saja, karena supply daging kambing dan sapi memang cukup melimpah di hari besar umat Islam yang satu ini.

Mumpung masih dalam bulan September ceria, yuk jadikan ajang barbeque bersama keluarga semakin hangat dengan berbagai tips berikut ini.

1. Persiapan
Pastinya ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai acara barbeque. Agar semua berjalan lancar jangan lupa untuk mempersiapkan dan memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Alat Panggang – Alat panggang banyak tersedia di pasaran dengan berbagai macam jenis. Jika Sahabat sudah memiliki sebelumnya, pastikan kondisinya layak dan tidak berkarat. Terkadang, proses penyimpanan yang lama akan meningkatkan risiko karat pada alat panggang ini. Jika tidak memiliki alat panggangan, bisa menggunakan batu bata yang disusun sedemikian rupa.
  2. Arang/briket – Saat mempersiapkannya, pastikan kondisi arang/briket benar-benar kering agar pembakaran sempurna dan meminimalisir asap. Saat tersulit biasanya adalah ketika akan memulai pembakaran arang/briket. Untuk itu ada caranya, ambil beberapa arang/briket dan bakar dahulu di atas kompor baru kemudian digabungkan dengan arang lain yang ada di alat panggang.
  3. TempatNah, ini dia salah satu hal yang mutlak diperhatikan. Pilihlah lokasi yang aman dan luas (biasanya di halaman rumah), jauh dari benda mudah terbakar lainnya dan berada pada ruang terbuka.
  4. Risiko – Persiapkan alat pemadam api darurat atau setidaknya sumber air yang cukup sebagai penanggulangan pertama apabila terjadi kondisi darurat.

 

2. Saat Memanggang

  1. Jauhkan anak-anak dari tempat memanggang.
  2. Perhatikan arah angin dan posisi memanggang agar jauh dari jilatan api. Arah angin juga perlu dipertimbangkan agar asap masakan tidak masuk ke dalam rumah atau mengganggu sekitar.
  3. Khusus untuk daging kambing, janganlah mencucinya sebelum dibakar. Konon akan menjadikan daging lebih liat/alot.
  4. Jika sudah selesai memanggang pastikan bara api benar-benar mati.

Sudah terbayang keseruannya kan? Ayo mulai sekarang sama-sama kita persiapkan agenda ini untuk momen berkumpul bersama keluarga nanti. Pssst…ingat kolesterol ya..

Selamat Hari Raya Idul Adha, Sahabat Tiga Roda.

Mohon Maaf Lahir dan Batin.

 

Teee….sateeee…….



Berita Lainnya