Panduan Mempercantik Rumah Dengan Wallpaper (Bagian 1)

15 Januari 2016 | Gaya Hidup | 2764 views

Halo Sahabat Tiga Roda!

Bagaimana rencana renovasi rumah Anda? Sudahkah Anda menentukan budget, tema rumah baru dan menyiapkan detail desain untuk membuat rumah terlihat mewah dan elegan?

Nah, ada satu tips dekorasi yang juga bisa Anda terapkan di rumah yaitu pemasangan stiker dinding atau wallpaper.

Yes, wallpaper is still in!

Wallpaper bisa menjadi salah satu pilihan dari dekorasi rumah dan dapat membuat ruang terlihat lebih menarik. Anda dapat berkreasi sekreatif mungkin  dan memilih pola, desain atau warna yang sesuai gaya pribadi Sahabat Tiga Roda.

Walau demikian, jika Anda benar-benar berniat mencoba wallpaper untuk dekorasi rumah, berikut adalah beberapa petunjuk inspirasi yang bisa membantu Sahabat Tiga Roda  dalam pemilihan wallpaper yang tepat:

  • Ukur ruangan untuk kebutuhan wallpaper

Ini akan membantu Sahabat Tiga Roda menentukan jumlah yang tepat yang dibutuhkan untuk rumah Anda. Dengan mencari tahu berapa banyak wallpaper yang Anda butuhkan terlebih dahulu, Anda dapat mencegah membeli terlalu banyak atau khawatir tentang kehabisan wallpaper di kemudian hari. Plus, dengan mengetahui berapa banyak wallpaper yang Anda butuhkan, Anda bisa menawar dengan harga lebih murah atau meminta diskon karena membeli dalam jumlah masal.

Bila Sahabat bukan ahli dalam memasang wallpaper, ada baiknya bila Anda membeli beberapa roll ekstra agar terhindar dari kesalahan ukur atau kekurangan lembaran. Simpanan darurat juga diperlukan bila terjadi kerusakan atau robek di masa mendatang.

Sumber: honeywerehome.com

  • Perhatikan kerapihan dinding

Tembok baru yang akan Sahabat Tiga Roda gunakan sebagai media untuk tempat dipasangnya wallpaper sebaiknya dihaluskan dulu dengan cara diamplas atau dikerok untuk menghilangkan permukaan yang tampak kasar dan bintik pasir yang tertinggal oleh sisa acian, cat lama atau wallpaper tua rumah Anda. Bila tidak dihaluskan maka pada saat wallpapernya sudah merekat dengan sempurna akan tampak jelas dindingnya seperti berpori-pori dan akan terlihat seperti jerawat.

Perhatikan pula jenis dinding ruangan Anda. Sahabat Tiga Roda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya untuk menentukan jenis dan ketahanannya yang cocok untuk tipe ruangan yang akan ditempeli wallpaper.

Sumber: anthropologie.com

Jenis perekat

Kini, sudah banyak wallpaper yang telah dilengkapi perekat praktis dibaliknya. Yang perlu Sahabat Tiga Roda lakukan adalah merendam bagian belakang ke air lalu merekatkanya ke dinding.

Namun, ada juga beberapa jenis lem yang sering digunakan oleh ahli wallpaper dan beredar luas dipasaran.

Lem-lem khusus wallpaper biasanya cukup aman sehingga tidak berpengaruh apapun terhadap warna wallpaper dinding atau warna benda lain di sekelilingnya.

Sumber: thibautdesign.com

Tips: Jika lem wallpaper nya menempel di kusen pintu atau jendela atau di lantai maka diamkan lemnya.  Dalam beberapa hari lem akan mengering dan berbentuk seperti plastik sehingga Sahabat Tiga Roda mudah untuk membersihkannya.

Selamat berkreasi, Sahabat Tiga Roda :)



Berita Lainnya