Rumah Cantik Berkat Cat Menarik

03 Februari 2016 | Gaya Hidup | 4392 views

Bosan dengan tampilan lama rumah dan ingin mengubahnya segera namun tetap hemat? Bagaimana kalau dengan warna cat yang baru?

 Memilih warna cat rumah adalah salah satu langkah untuk membuat rumah Sahabat Tiga Roda terlihat indah dan terawat. Cara paling mudah adalah dengan melakukan cat ulang ruangan atau seluruh rumah.

Namun, tentu saja tidak mudah untuk menentukan pilihan warna yang akan dipoleskan ke dinding ruangan. Sebelum Sahabat Tiga Roda mewarnai ulang rumah idaman, berikut tips untuk memilih warna yang tepat..

  • Dekorasi dahulu baru cat

Biasanya Anda memoles cat terlebih dahulu baru menata ruang? Kini saatnya berpikir out of the box! Tentukan dulu desain dan dekorasi ruangan Anda kemudian mengecatnya! jauh lebih mudah untuk memilih warna cat yang sesuai dengan furnitur Anda dan dekorasi daripada untuk memilih dekorasi yang sesuai dengan warna cat.

Sumber:cloudfront

  • Cari inspirasi sebanyak-banyaknya

Inspirasi warna rumah tersebar dimana-mana. Memiliki baju favorit? Mengapa tidak mengecat ruangan dengan nada serupa? Atau Sahabat Tiga Roda punya tempat hangout favorite dan ingin mewarnai dinding rumah dengan nada serupa? Why not!

Sumber: groupleme.com

Color is good namun Sahabat Tiga Roda harus tentukan apakah center of attention di ruangan tersebut. Bila jawabanya adalah dinding, pilihlah warna-warna terang dan berani. Nah, tipsnya bila dinding sudah terang, dekorasi dan furniture lainnya harus netral.

Sumber: trulia.com

  • Coba Tester atau sample

Eits, jangan salah Sahabat Tiga Roda, ternyata tester bukan hanya punya makanan atau parfume, tapi juga cat rumah. 

Belilah cat dalam ukuran kecil (tester) kemudian sapukan warnanya ke karton putih yang ditempelkan ke dinding rumah sehingga Anda bisa melihat bagaimana warna tersebut terlihat saat terkena cahaya dan padu-padannya dengan furniture Anda. Tak menemukan cat berukuran kecil? Belilah sample warna lembaran yang biasanya di jual di toko-toko perkakas rumah tangga.  

sumber: builderscrack.com

  • Jenis dan Kemilau cat

Yap! Sekarang sedang tren nih Sahabat Tiga Roda memilih jenis dan kemilau cat. Warna cat akan terlihat kemilau bila diterapkan dengan tepat. Cat yang tepat juga bisa menutupi kekurangan ruangan. Bila Sahabat Tiga Roda tidak menyukai cat yang terlihat glossy, Anda bisa memadupadankan dengan cat yang matte.

Berikut adalah beberapa panduan umum untuk pilihan cat yang berbeda:

  1. Flat (matte): Tidak bersinar sama sekali. Sempurna untuk ruang tengah, kamar tidur atau langit-langit.
  2. Flat Enamel: sedikit lebih berkilau dibandingkan matte. Cocok untuk dinding (atau pintu) luar ruangan yang memiliki tekstur. Cat jenis ini juga cocok untuk permukaan basah
  3. Eggshell Enamel: Kilauan halus lembut. Sangat cocok untuk semua kamar tidur atau ruang berkumpul. Cat jenis ini juga akan mencerahkan lorong rumah Anda.
  4. Satin Enamel: kilauan lebih terasa. Cocok untuk ruangan yang lembab seperti dapur dan kamar mandi.
  5. Semi-Gloss Enamel: berkilau namun tidak terlalu mengkilat. Cocok untuk ruangan yang sangat lembab. Pilihan tepat bila Sahabat Tiga Roda ingin mengecat kabinet di atas kompor.
  6. Hi-Gloss Enamel:  super mengkilat! Cocok sebagai gradasi dari matte atau tangga dan pagar. Jenis cat ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan kembali warna furniture yang sudah pudar.

Nah, mari mulai memilih cat yang paling sesuai dengan bangunan dan dekorasi Sahabat Tiga Roda. Selamat mencoba..! 



Berita Lainnya