Cinta lingkungan dengan rumah eco-friendly (bagian 1)

21 April 2016 | Gaya Hidup | 2371 views

Green is in!

Dengan semakin tingginya kesadaran kita akan kelestarian lingkungan, keinginan masyarakat untuk membuat rumah ramah lingkungan alias eco-friendly juga semakin besar!

Rumah eco-friendly bukan hanya berarti Sahabat Tiga Roda cinta lingkungan tapi juga membuat Anda lebih sehat dan juga hemat, loh.

 Ada beberapa tahap yang Sahabat Tiga Roda bisa lakukan untuk memiiki rumah eco-friendly, seperti yang berikut ini:

  • Kurangi produk yang merusak alam

Sebagai permulaan, Sahabat Tiga Roda harus mengurangi elemen kayu di bagian-bagian yang bisa di-replace. Bila memungkinkan, gunakan kayu-kayu bekas untuk rangka dan dekorasi rumah Anda. Untuk struktur, Sahabat Tiga Roda juga bisa menggunakan batu. Selain ramah lingkungan, batu juga lebih tahan lama.  Kaca besar juga bisa dipilih untuk mengurangi bingkaian kayu.

Sumber: google image

Sahabat Tiga Roda juga bisa mengganti material-material kayu dengan bahan lain seperti baja ringan untuk atap, atau alumunium PVC untuk kusen pintu dan jendela. Pintu juga gak harus dari kayu, kok. Anda bisa memakai pintu dari  menggunakan pintu PVC atau triplek sebagai alternatif.

Untuk flooring, Sahabat Tiga Roda bisa menggunakan bambu. Selain eco-friendly, bambu juga recyclable dan tahan air.

Sumber: flooranddecor.com

Oh iya, selain buat rangka, batu juga bisa digunakan untuk flooring loh!

Sumber: bloglovin.com

Walaupun terkesan mewah dan tidak biasa, menurut penelitian pembangunan rumah eco-friendly hanya 3 hingga 5 persen lebih mahal dari pembangunan rumah konvensional. Bangunan hijau juga mengurangi emisi CO2 hingga 35%.



Berita Lainnya