Cinta lingkungan dengan rumah eco-friendly (bagian 2)

21 April 2016 | Gaya Hidup | 2148 views
  • Hemat Energi Hemat Biaya

Rumah yang mengutamakan keramahan lingkungan juga berarti hemat energi. Data menunjukan bahwa rumah hijau menghemat penggunaan energi hingga 35% loh Sahabat Tiga Roda. 

sumber: google image

Sebagai permulaan, buatlah desain rumah yang mengutamakan masuknya cahaya alami yang memadai sehingga Sahabat Tiga Roda tidak perlu menggunakan listrik pada pagi dan siang hari. Atur pula sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi penggunaan AC. 

Sumber: designrulz.com

Selain listrik, rumah eco-friendly juga berarti mengkonsumsi air dengan berhati-hati. Sebagai sumber kehidupan, air biasa kita gunakan untuk melakukan sejumlah kegiatan rumah tangga seperti mencuci pakaian, piring, mobil, menyiram tanamana, mandi dan banyak lagi Jika digunakan dengan boros bukan hal yang mustahil air akan habis. Maka, perlu pengelolaan penggunaan air di dalam rumah.

Sumber: lifeedited.com

Sejumlah langkah penghematan air yang bisa dilakukan seperti mendaur ulang penggunaan air seperti air mencuci sayur/buah kembali digunakan untuk menyiram tanaman. Sahabat Tiga Roda juga bisa menampung air hujan dengan sumur resaan atau dengan membuat lubang bipori di taman.

Membuat toran untuk menampung air juga salah satu langkah menghemat listrik karena tidak perlu menggunakan listrik yang besar untuk menyalakan pompa ketika akan menggunakan air.

Sumber: proudgreenhome.com

Tahukah Sahabat Tiga Ruda bila rumah eco-friendly bisa menghemat air hingga 40%?



Berita Lainnya