Ayo buat Terrarium Di Rumah! (Part 1)

01 Juli 2016 | Gaya Hidup | 4181 views

Menghadirkan tanaman di dalam ruangan adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan kesan segar secara alami di dalam ruangan tersebut. Selain itu, keberadaan tanaman hidup di dalam ruangan juga terbukti bisa memberikan suasana yang nyaman, asri, dan juga menyenangkan secara psikologis bagi orang yang berada di ruangan tersebut. Namun, ruangan yang sempit dan juga takut lantai menjadi kotor karena tanah dan juga air seringkali menjadi hambatan untuk menanam tanaman hidup di dalamnya. Tapi tenang, ada solusi menarik bagi Sahabat Tiga Roda yang menginginkan adanya tanaman hidup di dalam ruangan, yaitu dengan membuat Terrarium! 

Terrarium itu sendiri adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang bisa digunakan untuk penelitian, metode bercocok tanam, maupun dekorasi. Terrarium cukup mudah dibuat, termasuk oleh sebagian orang yang tergolong awam dalam hal tanam-menanam tumbuhan. Serunya lagi, tanaman yang digunakan dalam membuat Terrarium adalah tanaman-tanaman yang memiliki daya tahan tinggi, tidak membutuhkan banyak air, dan tidak repot mengurusnya.

Tanaman-tanaman tersebut, umumnya memiliki ciri sebagai berikut: berakar serabut, daun atau batangnya digunakan sebagai media untuk menyimpan air, daun atau batangnya agak kaku dan tebal, bisa tumbuh dengan stek di bagian daun atau batangnya.

Yuk kita kenali berbagai tanaman hias yang paling umum dan cocok digunakan untuk membuat Terrarium di dalam rumah:

1. Kaktus

Kaktus adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari ataupun air sehingga sangat cocok ditanam di dalam Terrarium. Kaktus juga menyukai tempat yang kering dan tidak lembab sehingga lebih baik diletakkan di wadah yang terbuka tanpa tutup. Jika ingin memasukkan lebih dari satu tanaman di dalam Terrarium, sebaiknya kaktus dipadukan dengan sesama kaktus. Hindari penanaman kaktus dengan tanaman lain yang membutuhkan kadar air lebih banyak.

2. Crypthantus Bivittatus

Tanaman ini sebagian besar berbentuk seperti bintang, daun-daunnya yang cukup tebal dan kaku, serta tumbuhnya horizontal.

3. Pakis

Pakis juga salah satu jenis tanaman yang cocok digunakan untuk membuat Terrarium karena hidup di kondisi lingkungan lembab. Tanaman ini cocok digunakan untuk terrarium jenis tertutup.

4. Sanseviera

Bentuk daun tanaman ini melingkar. Daunnya tebal dan kaku, berwarna hijau tua dan hijau belang putih. Bentuknya ada yang pendek atau panjang seperti pedang.

 



Berita Lainnya