Lebih Hemat Energi Dengan Lampu LED

13 Juli 2016 | Gaya Hidup | 4541 views

Ayoo coba di cek lagi jumlah biaya yang harus disiapkan Sahabat Tiga Roda untuk membayar tagihan listrik di rumah! Apakah semakin membengkak tiap bulannya? Kalau iya, mari mengecek jenis lampu yang dipasang di setiap ruangan. Apakah sudah memakai lampu yang hemat energi? Kalau belum, coba deh ganti ke lampu-lampu LED.

Lampu LED atau Light Emithing Diode adalah lampu yang sumber cahayanya berasal dari kumpulan LED sehingga dapat digunakan untuk penerangan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED, simak baik-baik yaa...


1. Lampu LED Lebih Hemat Energi

Hemat energi adalah kelebihan utama dari lampu LED. Lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik Sahabat Tiga Roda setiap bulannya. Hal ini bisa dilihat dengan ukuran Watt-nya yang kecil (bahkan ada yang tersedia dalam ukuran 3 Watt!) namun bisa menghasilkan cahaya (lumens) yang sebanding dengan lampu neon atau lampu pijar dengan ukuran Watt yang lebih tinggi. Berikut tabel perkiraan perbandingan lampu LED dengan lampu CFL (Compact Floerescent Light) dan juga lampu Pijar:

Sumber: http://jakartapiranti.com/blog/kelebihan-dan-keuntungan-menggunakan-lampu-led/

Jika melihat poin nomor dua, kita bisa melihat bahwa Lampu LED cukup memerlukan kira-kira 6 Watt untuk menghasilkan 500lm, sementara Lampu CFL memerlukan 13 Watt, dan lampu Pijar memerlukan 50 Watt. Tentu bisa menghemat lebih dari 50% penggunaan listrik di rumah kan?

2. Lampu LED Memiliki Daya Tahan Yang Lebih Lama

Masih merujuk dari tabel di atas, Sahabat Tiga Roda bisa melihat daya tahan masing-masing jenis lampu pada poin nomor satu atau poin Umur Pakai. Di sini jelas terlihat bahwa lampu LED memiliki daya tahan yang sangat baik, bahkan bisa 10x lebih lama dibandingkan dengan lampu pijar biasa. Kira-kira, jika digunakan sekitar 10 jam per hari berarti lampu LED dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya.


3. Cahaya Lampu LED Tidak Panas Dan Lebih Ramah Lingkungan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lampu LED adalah cahaya yang dihasilkannya tidak panas atau tidak akan membuat ruangan di rumah Sahabat Tiga Roda menjadi lebih panas. Selain itu, cahaya lampu LED tidak mengandung sinar UV (Ultra violet) yang dapat merusak mata dan kulit. Dan pentingnya lagi bagi kesehatan Sahabat Tiga Roda dan lingkungan sekitar, lampu LED tidak mengandung mercury yang bisa merusak lapisan ozon dan berbahaya apabila kandungan mercury tersebut terhirup oleh manusia. 

Berbagai jenis Lampu LED

Sayangnya, selain berbagai kelebihannya itu, Lampu LED juga memiliki kekurangan. Salah satunya terletak pada harganya yang lebih mahal 2 kali hingga 3 kali lipat dibanding lampu CFL atau lampu pijar lainnya. Harga yang cenderung mahal ini terkadang membuat kita menjatuhkan pilihan pada lampu jenis lain yang lebih murah. Namun, semua kembali pada pilihan kita sebagai konsumen. Setelah membaca kelebihan dan kekurangan dari Lampu LED di atas, apakah yang menjadi pilihan Sahabat Tiga Roda?



Berita Lainnya