Ayo Buat Mural di Rumah (part 1)

02 Agustus 2016 | Gaya Hidup | 3335 views

Bosan dengan suasana di dalam rumah? Selain mengubah susunan furniture, Sahabat Tiga Roda bisa membuat mural untuk menghadirkan suasana yang berbeda dan baru di dalam rumah. Mural itu sendiri adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok, atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi atau mempunyai hobi menggambar, membuat mural di dinding rumah bisa menjadi tantangan tersendiri atau salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan anggota keluarga.

PERSIAPAN MEMBUAT MURAL

Pertama-tama, siapkan waktu yang cukup untuk membuat mural, apalagi kalau dinding yang akan dilukis berukuran besar. Siapkan minimal satu hari libur atau waktu-waktu menjelang long weekend. Hal ini perlu dilakukan agar saat melukis, Anda tidak terburu-buru dengan waktu sehingga mural yang dibuat menjadi tidak maksimal hasilnya. Selain itu, dinding yang buru-buru di cat bisa mudah kotor, warna tidak merata dan tidak rapi.

Setelah itu, pilihlah warna yang cocok untuk ruangan dan mood yang ingin dihadirkan. Sesuaikan juga dengan konsep lukisan mural yang ingin dibuat. Perhatikan juga tips dalam menentukan warna berikut:

  1. Pilih warna yang mendukung furniture atau lantai di dalam ruangan tersebut.
  2. Gunakan teknik gradasi dari lantai ke plafon atau sebaliknya. Biasanya, warna yang lebih muda letaknya di atas (plafon atau langit-langit ruangan), sementara warna yang sedang pada tembok, dan warna yang lebih gelap pada lantai atau karpet.
  3. Pilih juga roda warna yang pas dengan konsep mural. Warna yang berdekatan biasanya mudah untuk diaplikasikan. Sementara warna yang berjauhan atau kontras, butuh lebih banyak pertimbangan agar tidak terlihat berlebihan saat diaplikasikan ke dalam ruangan tersebut. 

Color Schemes (sumber: etaservicesllc.com)

Setelah Sahabat Tiga Roda sudah menentukan konsep dan warna untuk mural yang akan di buat, sebelum memulai membuat pola mural dan melukis, Anda harus melapisi lantai atau karpet dengan koran, kain, atau terpal agar cat tidak jatuh dan mengotiri lantai. Perhatikan juga saklar atau perangkat listrik yang ada di tembok, lapisi semuanya dengan pita perekat.

Amplas dinding agar permukaannya rata dan menjadi mudah utnuk mengaplikasikan cat. Perhatikan juga dinding yang retak, berlubang, atau atau terdapat rembesan air karena ada bagiannya yang bocor. Untuk bagian dinding yang seperti itu sebaiknya ditindaklanjuti terlebih dahulu seperti memperbaiki atau menambal retakannya. Hal ini perlu dilakukan agar hasil mural menjadi lebih awet dan maksimal hasilnya. Setelah proses amplas selesai, bersihkan dinding dengan vacuum atau kalau perlu gunakan spons yang sudah dibasahi dengan air. Dinding yang bersih akan lebih mudah untuk di lukis dengan warna cat apapun.

Setelah semua proses membersihkan selesai, diamkan dinding hingga benar-benar kering. Kemudian, tutup dinding dengan lapisan cat dasar. Dengan adanya cat dasar ini, aplikasi warna untuk mural bisa sama di setiap bagian dinding (tidak belang). Dan pastinya warna yang akan diaplikasikan nantinya bisa menjadi lebih mengkilap atau maksimal.

Sumber: theyosodihardjo.com

Nah, setelah semua tahapan tersebut sudah Sahabat Tiga Roda lewati, maka dinding Anda siap untuk dilukis mural!



Berita Lainnya