Ayo Buat Mural di Rumah (part 2)

02 Agustus 2016 | Gaya Hidup | 2902 views

Membuat mural atau lukisan di dinding rumah Sahabat Tiga Roda, adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Bisa juga menjadi kegiatan menyenangkan untuk dikerjakan bersama keluarga Anda di rumah. Selain melakukan berbagai persiapan yang ada di artikel sebelumnya, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan saat melukis dan membuat mural di dinding rumah Sahabat Tiga Roda:

Pertama-tama, siapkan beberapa alat untuk mengaplikasikan cat pada dinding. Ada sikat miring, sikat dengan ukuran besar, kuas berukuran sedang, kuas kecil (bisa juga memakai kuas untuk melukis di kanvas), dan juga roller.

Setelah membuat pola mural di dinding sesuai konsep yang sudah disiapkan, gunakan sikat atau kuas berukuran kecil atau sedang untuk membuat garis pola tersebut sesuai dengan warna cat yang diinginkan. Celupkan hanya 1/3 bagian kuas ke dalam cat agar hasil cat tidak beleber/tumpah.

Ketika bagian tepi pola sudah dibuat, gunakan kuas dengan ukuran lebih besar untuk mengecat bagian area tengah. Apabila area tengah cukup besar, gunakan bantuan roller. Ada beberapa tips sebelum Sahabat Tiga Roda menggunakan roller:

  1. Basahkan roller dengan air sebelum di celupkan ke dalam cat dasar lateks
  2. Basahkan roller dengan tinner untuk cat yang berbahan dasar minyak
  3. Saat mencelupkan roller ke dalam cat, pastikan saat diangkat cat tidak menetes. Peras cat yang berlebihan pada roller dengan meratakan lapisan roller tersebut.

Saat menggunakan roller, penting untuk diingat agar aplikasi pada setiap bagian sama tebalnya. Aplikasikan 1 kali atau 2 kali agar warna cat yang diinginkan terlihat dengan maksimal. Selain itu, pastikan arah goresan kuas sama dengan arah gerakan roller agar hasil pengecatan sama rata dan halus.

Setelah itu minta juga opini teman atau keluarga Anda pada hasil akhir ketika menggunakan kuas atau roller saat mengaplikasikan cat di dinding. Penggunaan kuas atau roller untuk mengecat akan memberikan hasil akhir yang berbeda. Jika di amati lebih dekat, penggunaan kuas akan menghasilkan jejak goresan. Sedangkan penggunaan roller akan menghasilkan jejak seperti kulit jeruk.

Kalau hasil akhir mural kurang maksimal, Sahabat Tiga Roda bisa memperbaikinya dengan memberi improvisasi pada pola. Namun apabila Anda tetap kurang menyukai hasil akhirnya, Anda bisa menghapus mural yang telah dibuat dengan mengulang proses persiapan seperti yang telah di bahas di artikel sebelumnya. Jangan menyerah 

Berikut beberapa contoh mural yang bisa dijadikan inspirasi Sahabat Tiga Roda untuk diterapkan di rumah:



Berita Lainnya