Tips Rumah Sehat Bagi Pemilik Binatang Peliharaan

15 Agustus 2016 | Gaya Hidup | 3531 views

Sahabat Tiga Roda adalah seorang pecinta binatang yang mempunyai binatang peliharaan di rumah? Berarti Anda adalah orang-orang yang beruntung!

Berbagai ahli telah mengakui bahwa memelihara binatang peliharaan bisa memberikan banyak dampak positif baik dari segi kesehatan fisik maupun psikologis. Memelihara binatang peliharaan telah menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk mengurangi stres dan rasa jenuh di rumah. Selain itu, memelihara binatang akan membuat kita menjadi lebih rajin, bertanggung jawab, meningkatkan rasa empati kita, dan menurunkan kadar emosi. Dan yang lebih penting lagi, dengan memelihara binatang peliharaan, tentu akan banyak aktivitas yang dilakukan bersama si binatang peliharaan dan keluarga Anda, sehingga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Namun, tinggal bersama dengan binatang di rumah, khususnya binatang yang berbulu seperi kucing dan anjing, butuh perhatian lebih agar Sahabat Tiga Roda dan keluarga tetap sehat. Berikut tips-tipsnya:

1. Sediakan kandang yang baik untuk binatang peliharaan

Hal ini penting untuk disiapkan agar binatang peliharan tidak sembarang tidur di kasur atau sofa Anda. Jika Sahabat Tiga Roda memilih kandang yang tertutup, pastikan binatang tersebut tidak dikurung terus menerus agar ia tidak mudah stres. Selain itu, Anda bisa menjadikan kandang binatang peliharaan sebagai salah satu furniture yang menunjang interior ruangan Anda. Berikut berbagai ide kandang atau tempat tidur binatang unik yang bisa di coba di rumah Sahabat Tiga Roda:

Sumber: www.techinsider.io

Sumber: www.etsy.com 

Sumber: www.pinterest.com

Sumber: www.pinterest.com

Sumber: themetapicture.com

2. Bersihkan kandang dan binatang peliharaan secara teratur

Kebersihan adalah syarat utama untuk menjaga kesehatan binatang peliharaan dan juga keluarga Anda di rumah. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang atau tempat tidur binatang peliharaan secara rutin. Bersihkan juga wadah kotoran dengan selalu mengganti pasir di dalamnya secara teratur. Pastikan juga wadah makanan dan minuman diletakkan berjauhan dengan wadah kotoran, dan wajib dicuci dengan rutin untuk menghindari bau dan tumbuhnya jamur. Selain itu, karena binatang peliharaan akan selalu berdekatan dan bersentuhan dengan Anda dan keluarga, mandikan mereka secara teratur agar bisa terhindar dari bau, kuman, kutu, dan berbagai penyakit lainnya.

3. Jaga sirkulasi udara dan bersihkan bulu yang menempel pada furniture 

Binatang peliharaan seperti kucing dan anjing tentu akan mengalami kerontokan bulu. Bulu-bulu tersebut bisa menempel di pakaian Anda, karpet, sofa, tempat tidur, dan berbagai furniture lainnya di rumah. Selalu gunakan vacuum cleaner dan sarung tangan karet ketika membersihkan area yang sering dilewati binatang peliharaan untuk mengambil bulu-bulu yang rontok dengan lebih mudah. Selain itu, jagalah sirkulasi udara dengan baik di dalam rumah supaya bau binatang peliharaan tidak memenuhi ruangan-ruangan di rumah Anda.

Selamat menjalankan berbagai tips di atas dan mari hidup sehat bersama binatang peliharaan Anda di rumah!



Berita Lainnya