Apartemen VS Rumah

15 Agustus 2016 | Gaya Hidup | 2452 views

Dengan padatnya penduduk dan minimnya lahan pemukiman di kota seperti Jakarta, saat ini banyak keluarga muda yang memilih tinggal di hunian vertikal seperti apartemen atau rumah susun, ketimbang membeli hunian berupa rumah tapak atau rumah tradisional. Jenis hunian yang Sahabat Tiga Roda pilih tentunya akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan Anda bersama keluarga ke depannya. Supaya makin yakin dalam memilih hunian, silahkan simak berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari apartemen dan rumah tapak berikut ini.

1. Hak Milik dan Privasi

Salah satu kelebihan yang utama dari membeli rumah tapak atau tradisional adalah mengenai hak milik. Karena selain benar-benar bisa menjadi satu-satunya pemilik bangunan rumah tersebut, Anda juga memiliki tanahnya. Sementara untuk hunian vertikal, seperti apartemen, Anda hanyalah memiliki ruangan atau kamar tertentu dari keseluruhan hunian vertikal tersebut. Bangunan dan tanah properti tersebut tidak menjadi hak milik Anda

Selain itu, saat memiliki rumah tentunya privasi Anda bersama keluarga bisa terjaga dengan lebih baik. Hal ini tentu berbeda dengan hunian vertikal di mana Anda akan sangat berdekatan dengan orang lain, karena besar kemungkinan dalam satu lantai yang sama akan ada juga penghuni lainnya yang juga tinggal di sana. Belum lagi ada berbagai fasilitas umum yang akan digunakan bersama-sama dengan penghuni lainnya.

2. Peraturan atau Tata Tertib

Saat Sahabat Tiga Roda memilih tinggal di rumah tapak, tentu Anda bisa dengan bebas membuat peraturan bagi keluarga Anda, khususnya dalam hal pemeliharaan dan perawatan rumah. Meskipun begitu, Anda memerlukan ekstra tenaga atau usaha untuk membeli berbagai peralatan untuk pemeliharaan, atau paling tidak menggunakan jasa orang lain untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Sementara itu, jika Anda tinggal di apartemen, biasanya pemilik atau pengelola apartemen tersebut ikut bertanggung jawab untuk pemeliharaan apartemen. Anda cukup membayar biaya tertentu untuk pemeliharaan dan perbaikan. Dan sebagai penghuni yang juga tinggal bersama-sama di bawah satu atap apartemen yang sama, tentu akan banyak peraturan atau tata tertib yang harus ditaati untuk menjaga kenyamanan bersama. Misalnya: peraturan untuk tidak memelihara binatang peliharaan.

3. Fasilitas

Salah satu kelebihan tinggal di apartemen dibandingkan di rumah tapak adalah umumnya apartemen memiliki berbagai fasilitas menarik yang mewadahi berbagai kebutuhan penghuninya. Berbagai fasilitas tersebut adalah berbagai lapangan olahraga (tenis, basket, bulutangkis, atau futsal), kolam renang yang luas, fitness gym, atau fasilitas ATM, mini market, dan sebagainya. Hal ini tentu memudahkan para penghuni dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar lingkungan hunian. Berbeda hal-nya jika memilih rumah tapak, fasilitas-fasilitas tersebut tentu akan sulit dihadirkan di dalam rumah karena membutuhkan ruang besar dan biaya yang tinggi.

Fasilitas kolam renang mewah dalam apartemen

Kira-kira, tiga hal tersebut yang bisa jadi pertimbangan Sahabat Tiga Roda dalam memilih apartemen atau rumah tapak. Hak dan kewajiban yang dihadapi dari masing-masing jenis hunian jelas berbeda, namun hal terpenting yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah memahami kebutuhan dan gaya hidup yang sesuai dengan Anda dan keluarga.  Apalagi mengingat biaya yang akan dikeluarkan untuk memiliki apartemen ataupun rumah tapak tidaklah sedikit.



Berita Lainnya