Inspirasi Rumah Dengan Gaya Industrial

07 September 2016 | Gaya Hidup | 13140 views

Selain gaya modern-minimalis, interior bergaya industrial mulai banyak disukai saat ini. Mulai dari kafe atau restoran yang hadir menggunakan ruang dari “kontainer bekas” yang sangat cocok dipadukan dengan interior bergaya industrial, hingga interior hunian privat seperti apartemen dan rumah. Konsep interior ini banyak digemari karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendesainnya dan bisa menarik perhatian karena tampilannya yang raw namun tetap urban.

Beberapa selebriti muda Indonesia, seperti Ringgo Agus Rahman, Widi Mulia, atau Daniel Mananta  pun memilih konsep interior bergaya industrial ini untuk diterapkan di rumahnya masing-masing. Jika menelusuri bagian-bagian rumahnya, tentu kita akan merasakan suasana rumah yang kaya akan kreativitas dan tidak membosankan, yang tentunya menggambarkan pemiliknya.

Dapur rumah Ringgo Agus Rahman, dengan detail tembok “unfinished”, rak gelas yang simple minimalis dengan material besi/aluminium, serta lantai dan lemari bernuansa kayu. (Sumber: Instagram)

Rumah milik Widi Mulia dan Dwi Sasono dengan dapur bernuansa kayu serta lemari dan rak bernuansa kawat dan besi. (Sumber: Instagram)

Dapur rumah Daniel Mananta dengan lampu yang sangat khas “industrialis”. (Sumber: Instagram)

Setelah melihat salah satu bagian dari rumah para artis tersebut apakah Sahabat Tiga Roda mulai tertarik untuk menerapkan konsep industrial di rumah Anda? Kalau iya, mari simak beberapa konsep interior rumah yang sangat mewakili gaya industrial di bawah ini.

Bata Ekspos

Rumah dengan gaya industrial bisa dengan mudah diperlihatkan melalui tembok dengan bata ekspos. Konsep tembok yang memperlihatkan kesan “unfinished” ini bisa menambahkan kesan artistik. Bisa diterapkan untuk seluruh tembok dalam sebuah ruangan, atau cukup memilih satu bagian tembok saja dalam sebuah ruangan sehingga bisa menjadi pusat perhatian.

Semen tanpa di cat ulang

Seperti yang digunakan Ringgo Agus Rahman pada tembok dapurnya, konsep tembok semen yang tanpa di cat ulang atau hanya berupa semen yang diplester memang sangat pas untuk konsep interior bergaya industrial. Selain bisa diterapkan pada tembok, bisa juga Anda aplikasikan pada langit-langit. Padukan dengan lantai kayu untuk menambahkan kesan “natural” di ruangan tersebut.

Tanpa Plafon

Elemen interior lain yang sangat bergaya industrial adalah adalanya sistem bangunan seperti saluran pipa, pemanas dan ventilasi. Jika Sahabat Tiga Roda akan membangun rumah dengan konsep bergaya industrial, biarkan langit-langit sebuah ruangan utama, seperti ruangan keluarga Anda, dibuat tinggi tanpa plafon. Namun, perhatikan juga atap agar tetap kuat dan anti bocor.

Beton

Beton memang sering ditemukan di pabrik-pabrik industri tua. Jika ada bagian rumah Sahabat Tiga Roda yang terbuat dari beton, coba biarkan dan cat ulang agar permukaannya rapi. Selain itu, Anda juga bisa gunakan beton sebagai lantai rumah. Namun agar tidak membosankan, bisa dilengkapi dengan karpet yang berwarna mencolok atau aksesoris lainnya seperti  pot dengan tanaman, alas meja, atau rak dan lemari berwarna terang.

Lampu Gantung

Lampu gantung juga menjadi salah satu ciri interior bergaya industrial. Namun, lampu gantung tersebut sebaiknya dipilih yang menggunakan material aluminium, bohlam, kaca bergaris, atau lampu dengan aksen kayu. Beragam lampu tersebut bisa Anda temukan di online shop, toko-toko material, atau berbagai toko furniture dengan konsep industrial.

Bagaimana? Makin tertarik kan untuk menggunakan konsep interior bergaya industrial di rumah Anda?



Berita Lainnya