Rumah Lebih Nyaman Dengan Ruangan Yang Kedap Suara

04 Oktober 2016 | Gaya Hidup | 4325 views

Mungkin salah satu kekurangan tinggal di kota besar, atau di dalam sebuah rumah cluster yang tembok rumahnya menempel antara satu dengan yang lainnya adalah faktor kebisingan. Polusi suara yang berasal dari luar rumah seringkali masih terdengar dengan sangat jelas ketika kita berada di dalam rumah. Belum lagi ketika suara hewan peliharaan atau alat musik yang sedang dimainkan tetangga sebelah terdengar dengan jelas dan sangat mengganggu ketenangan.

Apabila Sahabat Tiga Roda mengalami masalah-masalah di atas, mungkin Anda membutuhkan rumah dengan kondisi ruangan yang kedap suara. Tapi tenang, sekarang ada beberapa solusi sederhana yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Dijamin mudah dan tidak memerlukan renovasi yang besar.

Pertama-tama, cari tahu dulu darimana suara bising paling sering terdengar. Apakah dari jalanan di depan rumah? Atau dari rumah tetangga? Setelah itu, perhatikan lantai dan dinding rumah Anda. Apakah lantainya didominasi oleh lantai keramik? Karena penting untuk diingat bahwa permukaan yang keras dan licin akan sangat mudah memantulkan suara dibanding permukaan yang tidak rata dan empuk. Kemudian, Anda bisa mencoba menerapkan trik-trik di bawah ini: 

1. Memasang Karpet

Karpet adalah benda yang sangat efektif untuk menyerap suara di dalam rumah. Mulailah coba berkreasi dalam hal lokasi penempatan karpet. Selain bisa menggelar karpet besar di ruang tamu atau ruang keluarga, Sahabat Tiga Roda juga bisa menumpuk satu karpet dengan yang lainnya dan sebarkan di berbagai ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menggantung karpet di tembok atau di pegangan tangga. Dengan menggantung karpet di berbagai tempat, Anda juga bisa mengurangi gema.

Perhatikan juga ketebalan karpet yang Anda pilih. Semakin tebal karpet, maka akan semakin baik dalam menyerap suara. Trik ini juga menjadi pilihan yang tepat jika Anda tinggal di rumah berlantai kayu atau keramik. 

2. Pasanglah Tirai di Jendela

Jika sumber kebisingan sering berasal dari luar rumah yang dekat dengan jalan raya, ada baiknya Anda memasang tirai di setiap jendela rumah. Pilihlah tirai berlapis atau tirai dengan bahan kain yang tebal. Lapisan tirai dan ketebalannya akan membantu dan meredamkan suara yang berasal dari luar sehingga tidak akan mengganggu Anda dan keluarga yang sedang berada di dalam rumah. 

3. Meletakkan Tanaman di Berbagai Sudut Rumah

Sama seperti halnya tirai dan juga karpet, tanaman yang berada di dalam rumah juga bisa berperan sebagai peredam suara yang baik. Daun dan batang bisa menyamarkan, menyerap dan membelokkan suara yang berada di sekitarnya. Jadi, Anda bisa mencoba membuat mini garden atau dry garden di dalam rumah, sekaligus menambah keindahan dekorasi interior rumah Anda. Tentunya, tanaman dengan daun dan ukuran yang besar akan lebih membantu mengurangi kebisingan dibandingkan dengan tanaman berukuran kecil. Namun, apabila Anda kesulitan menemukan tempat yang cocok di dalam rumah untuk meletakkan tanaman-tanaman tersebut, tanam saja pohon berukuran sedang hingga besar di halaman depan rumah Anda.

4. Memasang Door Draft Protector

Solusi yang paling cepat untuk mengurangi kebisingan adalah dengan memasang door draft protector atau pelindung udara yang biasanya dipasang di bawah pintu. Selain bisa menahan udara dingin keluar atau masuk ke ruangan, benda ini juga baik untuk meredam suara agar tidak melewati bawah pintu dan terdengar ke dalam ruangan atau pun sebaliknya. Alat ini pun bisa Sahabat Tiga Roda pasang di jendela-jendela kamar yang mengahadap langsung ke luar rumah atau jalanan. Saat ini, door draft protector sudah mudah dicari serta tersedia dengan design dan bentuk yang sangat menarik. 



Berita Lainnya