DIY: Membuat Chrysanthemum Mirror Yang Cantik

21 Oktober 2016 | Gaya Hidup | 11786 views

Saat ini, cermin bukan hanya dimanfaatkan sebagai alat bantu berhias atau saat kita sedang mencoba pakaian, tetapi juga sering dijadikan ornamen mendekorasi rumah. Cermin dipercaya bisa mempercantik ruangan, membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas, dan juga salah satu ornamen yang memperkuat feng shui. Namun sayangnya, cermin dengan ukuran yang besar atau dengan tampilan yang unik cenderung bisa didapatkan dengan harga yang lumayan mahal. Karena itulah, daripada mengeluarkan banyak biaya, yuk kita coba membuat sendiri cermin dekoratif dari material yang mudah didapatkan dan juga murah harganya. Sahabat Tiga Roda pun bisa menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama anggota keluarga di akhir pekan.

DIY (Do It Yourself) kali ini mari kita membuat sendiri Chrysanthemum Mirror atau cermin berbentuk bunga Krisan yang terbuat dari sendok plastik yang akan mempercantik dekorasi ruang makan, ruang tamu, hingga kamar tidur Anda! 

Alat dan bahan yang disiapkan :

  • Kardus bekas
  • Lem (sebaiknya menggunakan lem tembak agar lebih mudah saat mengaplikasikan lem)
  • Cermin bulat (sesuaikan ukuran dengan yang diinginkan)
  • Gunting
  • 78-80 sendok plastik bening atau berwarna (pilih warna sendok yang Sahabat Tiga Roda inginkan. Jika tidak ada warnanya, siapkan cat semprot atau cat dan kuasnya dengan warna yang Anda suka).
  • Sepotong kecil pita / tali

Cara membuatnya :

1. Potong lingkaran dari kotak kardus dengan menyesuaikan ukurannya dengan besar cermin bulat yang disiapkan. Jiplak lingkaran cermin bulat tersebut tepat ditengah kardus.

2. Potong gagang sendok dengan menggunakan gunting.

3. Lem sekeliling sendok sehingga sendok bisa menempel kuat di tepi kardus. Awalnya, dimulai dari tepi luar lingkaran karton. Kemudian lanjutkan dengan menempelkan sendok sampai Sahabat Tiga Roda mencapai lingkaran bagian dalam. Tata sendok sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan beraturan.

4. Jika warna sendok belum sesuai dengan keinginan Anda, semprotkan atau oleskan cat dengan kuas pada sendok dan kardus, hingga kardus tidak terlihat. Jika perlu, lakukan penyemprotan 2 lapis untuk mendapatkan warna yang bagus. 

5. Setelah cat kering, lem cermin bulat kecil di tengah.

6. Potong pita atau tali secukupnya, bentuk menjadi lingkaran dan lem di bagian belakang karton untuk menggantungkannya di dinding. Karena cermin dari sendok plastik ini tidak berat, jadi ini sudah cukup untuk bisa menahannya dengan kuat di dinding.

Anda juga bisa membuat Chrysanthemum Mirror tanpa memotong gagang sendok plastik seperti gambar di bawah ini.

Teknik serupa juga bisa Anda bisa terapkan dalam membuat jam dinding, dan hasilnya? Jam dinding yang cantik!

Bagaimana? Tidak sulit kan? Jika Sahabat Tiga Roda ingin membuatnya lagi, gunakan saja sendok plastik bekas yang sudah tidak terpakai. Murah meriah, ramah lingkungan, dan pastinya akan membuat dekorasi rumah Anda semakin cantik!



Berita Lainnya