Klarifikasi Pemberitaan

17 April 2018 | 2212 views

Sehubungan dengan sebaran pemberitaan yang mengatasnamakan Layanan Konsumen BSW mengenai produk semen tercemar limbah B3, dengan ini PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar atau hoax.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (“KLHK”) menggandeng beberapa pabrik semen, satu diantaranya adalah Indocement, untuk menangani limbah medis dengan karakteristk infeksius karena pabrik semen memiliki fasilitas tanur dengan temperatur 1.200'C - 1.600'C dan fasilitas pengendali pencemaran udara serta feeding yang memadai. Adapun standar temperatur untuk memusnahkan limbah medis infeksius adalah di atas 800'C. Pemusnahan limbah B3 di tanur pabrik semen tidak akan berdampak apapun terhadap produk semen karena zat-zat yang terkandung di dalamnya akan musnah saat dibakar di atas suhu yang jauh melebihi standar. 

Sampai saat ini Indocement belum menerima surat penunjukan dari KLHK untuk menangani limbah medis tersebut sehingga belum melakukan tindakan apapun. Pemusnahan limbah B3 harus dilakukan dengan ijin resmi dari KLHK dan mengikuti standard operating procedure yang benar.


Berita Lainnya

MSTR

Silahkan Masuk untuk mengetahui atau menukarkan poin anda!

Buletin KOKOH

KOKOH Edisi 69
Jum'at, 20 September 2019

Tradisi Renovasi Rumah Menyambut Lebaran

Selengkapnya

Edisi Lainnya