Jangan Sepelekan Tata Cahaya

31 Januari 2019 | Gaya Hidup | 1325 views

Penataan tata cahaya di dalam rumah ternyata seringkali diabaikan oleh pemilik hunian. Sahabat Tiga Roda perlu mengetahui bahwa dengan tata cahaya yang tepat maka akan memaksimalkan tampilan ruangan rumah.

Lampu sebagai aksen hunian bertujuan untuk menghadirkan suasana nyaman di dalam ruangan. Agar Sahabat Tiga Roda dapat menghadirkan hal tersebut maka perlu memperhatikan beberapa hal, yakni:

JENIS LAMPU

Salah satu lampu yang biasa digunakan untuk aksen umumnya berjenis LED linear. Jenis lampu ini terbukti sangat hemat energi. Lampu ini juga mudah dikreasikan dengan berbagai desain, dan mudah di tempatkan di posisi-posisi sempit seperti di sela-sela dinding, dan di belakang benda pajangan. Dengan bentuknya memanjang, Sahabat Tiga Roda lebih leluasa untuk memadupadankan dengan ornamen dalam hunian.

PENEMPATAN

Sahabat Tiga Roda dapat menemapatkan lampu aksen di berbagai sudut ruangan. Antara lain, di sela-sela furnitur, di bawah nakas, di belakang televisi, di dinding kloset, dan dipan. Melalui penempatan lampu yang tepat maka dapat memaksimalkan ruangan dan objek pajangan Sahabat Tiga Roda.

FUNGSI

Meski berperan sebagai pemanis ruangan, lampu aksen juga tak mengesampingkan fungsinya. Dengan cahaya yang temaram, pencahayaan sebagai aksen ini berguna untuk membuat nyaman mata.

Misalnya, ketika lampu LED linear berada di bawah kamar tidur maka fungsinya berguna untuk memudahkan penghuni ketika bangun tidur. Biasanya saat bangun tidur, mata mudah silau melihat cahaya terang. Namun, dengan pencahayaan temaram, saat terbangun mata menjadi lebih nyaman.

WATT

Sahabat Tiga Roda perlu mengingat bahwa, lampu aksen sangat berperan dalam mendukung pencahayaan utama. Dengan perannya ini, sebaiknya watt lampu yang dipakai tidak melebihi angka 4 watt hingga 4,5 watt. Pasalnya bila lebih dari itu, cahaya yang dihasilkan berpotensi menambah terang ruangan. Dengan watt kecil, selain tidak menyaingi cahaya lampu utama, juga lebih hemat listrik.

WARNA

Sahabat Tiga Roda dapat memilih lampu dengan pendar cahaya masuk dalam kategori warm hingga warm white. Artinya, pendar cahaya lampu tersebut kekuning-kuningan atau temaram. Warna ini selain bersahabat dengan mata juga memberikan efek ketenangan.

Nah, Sahabat Tiga Roda, tidak ada salahnya jika mulai saat ini dapat lebih memperhatikan tata cahaya di dalam rumah. Jangan berkreasi Sahabat Tiga Roda. 



Berita Lainnya