Selamatkan Barang Berharga di Kala Banjir, Ikuti Tips Ini

26 Februari 2020 | Gaya Hidup | 1323 views

Saat banjir melanda, apapun bisa diterjang. Bagi Sahabat Tiga Roda terdapat tips agar barang berharga tak ikut hanyut arus banjir.

Sahabat Tiga Roda bisa mempraktekkan beberapa tips sederhana ini, untuk menyelamatkan barang-barang berharga yang dimiliki, terutama yang rentan terhadap air, seperti elektronik dll, berikut langka-langkahnya:

1. Tutupi semua sumber listrik dengan lakban, seperti lubang stop kontak di rumah Sahabat Tiga Roda.

Ini penting agar tidak terjadi korsleting listrik, karena bisa menyebabkan kebakaran rumah yang sedang korsleting.

Selain itu, kebakaran akibat korsleting, juga bisa mencegah atau mengurangi bahaya kesetrum. Kalau perlu, dilakban yang berwarna hitam, dua kali, agar lebih maksimal.

2. Gunakan toples untuk menyimpan barang elektronik kecil, seperti kabel charger, handphone, dan barang kecil lainnya.

Kalau bisa gunakan toples kedap air dan udara agar lebih maksimal. Namun demikian, apabila toples tidak ada, karena darurat, Sahabat Roda Tiga bisa menggunakan kantong plastik, minimal double dua atau tiga kantong plastik agar lebih tahan air.

3. Kemasi barang elektronik besar dengan plastik besar juga atau plastik boks besar. Agar barang elektronik ukuran besar itu juga terlindungi dari bahaya genangan.

Gunakan kantong plastik ukuran besar. Jika perlu, gunakan 2 hingga 3 lapis agar perlindungan dari air lebih maksimal. Boks plastik juga aman untuk tempat menyimpan buku-buku koleksi Sahabat Tiga Roda.

4. Letakkan barang-barang yang telah dikemas tersebut di tempat paling tinggi di rumah milik Sahabat Tiga Roda. Biasanya minimal di lantai dua atau di loteng rumah, agar air tidak merendam barang-barang tersebut.

5. Kalau Sahabat Tiga Roda memiliki sepeda motor, antisipasinya ya pindahkan sepeda tersebut ke lokasi lebih tinggi, yang tidak terkena banjir. Namun, apabila tidak bisa keluar rumah, setidaknya tutupi lubang knalpot motor sahabat.

6. Hindari penggunaan arus listrik secara langsung, setelah banjir menyusut, karena masih terdapat potensi bahaya.

 

Demikian hal-hal sederhana apa yang bisa Sahabat Tiga Roda lakukan untuk melindungi barang-barang di rumah, saat banjir datang.



Berita Lainnya