Cara Mudah Memperbaiki Atap Rumah Bocor

12 Maret 2020 | Gaya Hidup | 3207 views

Sahabat Tiga Roda, pada artikel lainnya kita telah membahas mengenai bagaimana cara merawat atap rumah agar tidak bocor, sebagai langkah antisipasi datangnya musim penghujan.

Pasalnya, apabila saat musim hujan dan terjadi kebocoran, tentu mengganggu kenyamanan Sahabat Tiga Roda dan keluarga.

 

Lalu bagaimana jika atap sahabat sudah terlanjur bocor, sebelum melakukan perawatan rutin.

Tidak perlu khawatir. Berikut ini terdapat beberapa tips mudah yang bisa Sahabat Tiga Roda praktekkan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari sumber kebocoran. Hal ini penting dan bukanlah pekerjaan yang semudah dibayangkan. Mencari sumber kebocoran tidak mudah karena terkadang tempat jatuhnya tetesan air di lantai tidak serta merta menunjukkan di mana sumber kebocoran berada.
  2. Pasalnya, terkadang air yang masuk melalui celah genteng yang retak atau bergeser tidak langsung jatuh ke lantai. Tetapi mengalir dahulu sepanjang plafon ataupun reng mencari jalur dimana ada lubang untuk menetes ke lantai. Jadi Sahabat Tiga Roda harus jeli. Karena bisa jadi sumber kebocoran itu berada beberapa sentimeter atau bahkan jaraknya bisa 2 meter dari lokasi terjadinya tetesan air ke lantai.
  3. Cari sumber kebocoran itu pada siang hari. Sahabat Tiga Roda bisa naik ke loteng rumah dengan membawa penerangan atau senter. Hati- hati saat melakukan itu, waspada dari keberadaan kabel listrik, barangkali terdapat sambungan kabel yang terbuka. Jadi, ada baiknya matikan listrik di rumah anda dengan cara mematikan sekringnya selama memperbaiki atap yang bocor.
  4. Telusurilah dengan teliti dan jeli jejak - jejak bekas aliran air yang menetes tersebut sampai menemukan sumber kebocorannya yang sebenarnya.
  5. Apabila telah ditemukan. Misalnya yang mengalami kebocoran adalah atap beton, asbes, atau sirap yang dikarenakan adanya retak rambut, bisa diperbaiki dengan kawat kasa dan waterproof.
  6. Namun apabila bagian retak yang ditemukan itu lebih besar daripada sebesar rambut, maka harus dilubangi dan kemudian diplester kembali.
  7. Kemudian jika Sahabat Tiga Roda menemukan kebocoran pada dak beton, bisa diatasi dengan memplester/melapisi dengan semen di bagian yang dicurigai sebagai sumber kebocoran.
  8. Jika sumber kebocoran adalah adanya genteng yang bergeser, maka tempatkanlah kembali genteng tersebut sebagaimana mestinya. Dan jika karena ada genteng yang pecah, maka segera ganti dengan genteng yang baru.
  9. Setelah itu, Sahabat Tiga Roda juga jangan sampai lupa untuk memperbaiki plafon yang rusak karena telah terkena bocoran air tersebut. Jangan dibiarkan plafon lembab, sebab bisa mengakibatkan kerusakan yang jauh lebih parah, bahkan bisa-bisa plafon rumah anda ambruk.

Bagaimana Sahabat Tiga Roda, sederhana bukan caranya memperbaiki atap yang bocor. Sekarang langsung praktekkan saja apabila terdapat atap rumah sahabat yang bocor, agar saat tiba hujan tidak mengganggu kenyamanan dan bahkan bisa mengakibatkan perabotan rusak.



Berita Lainnya