Cara Membuat Wastafel Portabel di Depan Rumah Anda

20 April 2020 | Gaya Hidup | 8220 views

Sahabat Tiga Roda, upaya pencegahan untuk menekan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, terus dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Selain mentaati imbauan pemerintah untuk physical disntancing, masyarakat juga diminta untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan rajin-rajin mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.

Banyak cara dilakukan, seperti menghadirkan tempat cuci tangan di depan rumah, sehingga setiap sebelum masuk rumah, bisa cuci tangan terlebih dahulu.

Nah, salah satu alat yang bisa Sahabat Tiga Roda hadirkan itu adalah dengan membuat ember cuci tangan, yang bisa dibuat dengan mudah dan sederhana.

Namun sebelum proses pembuatannya, bahan yang harus disiapkan antara lain : 1. Ember bekas cat ukuran 10 liter, bisa bekas atau baru. Kalau tidak ada ember bekas cat bisa pakai ember biasa. 2. Beli kran plastik yang modelnya seperti kran untuk dispenser. 3. Bor atau besi bekas.

Setelah siap bahan bahan yang dibutuhkan,  Sahabat Tiga Roda bisa memulai cara pembuatannya seperti dibawah berikut ini :

 

  1. Pertama, lubangi bagian embet samping paling bawah dengan bor. Lubangi seukuran keran yang akan dimasukkan ke lubang tersebut. Hati-hati jangan terlalu lebar lubangnya.
  2. Kalau tidak mempunyai bor, bida menggunakan besi bekas yang dipanasi api terlebih dahulu, yang kemudian ujung besi digunakan untuk melubangi ember yang dimaksud.
  3. Setelah tercipta lubang yang diinginkan sesuai ukuran keran, maka keran yang telah disiapkan, dimasukkan ke dalam kubang tersebut. Fungsinya akan digunakan untuk mengalirkan air saat cuci tangan nanti.
  4. Pastikan telah terpasang presisi. Dan kalau perlu ditambahi lem atau lakban hitam di sekeliling tempat pemasangan keran tersebut, agar tidak ada rembesan.
  5. Setelah langkah itu semua selesai, bisa diletakkan di depan rumah, di atas kursi kayu yang mungkin sudah tidak terpakai.
  6. Dilengkapi dengan sabun cair yang bisa dipakai saat cuci tangan.
  7. Sebaiknya pada ember juga ditempeli petunjuk tata cara cuci tangan yang baik dan benar. Bisa dengan stiker atau kertas biasa yang di plester bening, agar kertasnya tidak rusak jika terkena air

Bagaimana, mudah bukan. Sahabat Tiga Roda juga bisa langsung mengaplikasikannya di depan rumah masing-masing.

Hanya dengan membuat alat sederhana itu, Sahabat Tiga Roda bisa berkontribusi dalam upaya meredam peredaran COVID-19 di Tanah Air. Selamat mencoba.

 



Berita Lainnya