Cara hitung biaya bangun rumah
Cara hitung biaya bangun rumah

Estimasi dan Cara Hitung Biaya Bangun Rumah

12 Mei 2020 | Hunian Impian | 4628 views

Banyak orang saat ini memilih untuk membangun rumah sendiri daripada membeli rumah cluster yang sudah jadi. Ini karena selera desain dan juga arsitektur masing-masing orang berbeda. Rumah adalah hunian yang akan dihuni dalam jangka waktu sangat lama, tidak heran jika setiap orang menginginkan rumahnya memiliki desain terbaik dengan arsitektur impian. Namun, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat membangun rumah, terutama dari segi biaya pembangunan. Karena itu Anda sangat membutuhkan cara hitung biaya bangunan rumah atau RAB (Rencana Anggaran Biaya) Bangunan. 

Mengenal apa itu RAB?

Mungkin sebagian dari Anda belum familiar dengan kata-kata RAB, apalagi cara membuatnya dengan benar. RAB (Rencana Anggaran Biaya) sendiri merupakan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing perkembangan atau proyek konstruksi. Biaya total dari yang dibutuhkan oleh konstruksi sejak awal hingga akhir dapat diperkirakan di awal. 

RAB ini sangat berguna sebagai pedoman awal dalam mengerjakan sebuah proyek konstruksi supaya nantinya pembangunan berjalan lancar. Anda perlu merencanakan RAB dengan rinci dan jelas untuk memastikan budget dan dana digunakan secara tepat. Bukan hanya masalah budget, RAB juga dikembangkan untuk mengembangkan spesifikasi pekerjaan, peralatan kerja, dan tenaga kerja yang dilibatkan nantinya dapat digunakan sebagai penentu harga awal ketika rumah akan dijual di masa datang. 

Cara Hitung Biaya Bangun Rumah

cara hitung biaya bangun rumah

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menghitung RAB, yaitu dengan sistem meter persegi dan sistem analisa harga bangunan. Tentunya kedua sistem ini memiliki nilai positif dan negatif masing-masing. Jika estimasi biaya bangun rumah dengan penghitungan sistem meter persegi maka estimasi waktunya bisa lebih cepat. Namun jika cara hitung biaya bangun rumah dengan sistem analisis harga satuan bangunan, dapat memberikan Anda rincian yang jauh lebih detail. 

Cara Hitung Biaya Bangunan dengan Sistem Harga Satuan 

Estimasi biaya bangunan rumah dengan sistem harga satuan memerlukan gambar rumah yang akan dibangun. Kemudian, Anda juga harus memiliki daftar spesifikasi bahan beserta harganya. Tak hanya itu, Anda juga harus merinci daftar pekerjaan, mendaftar biaya tukang, dan juga kapasitas dari masing-masing pekerjaan. Selanjutnya, masing-masing item pekerjaan dihitung volumenya berdasarkan gambar serta ukuran bangunan. Harga satuan pekerjaan dihitung dengan mengalikan volume dengan harga satuan. 

Langkah-langkah Membuat RAB Bangunan

estimasi biaya bangun rumah

Nah, sekarang untuk membuat RAB sendiri, Anda bisa mencoba mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Membuat skema pekerjaan

Skema pekerjaan merupakan sebuah acuan untuk menentukan daftar pekerjaan yang nantinya akan dihitung dalam pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya). Selain itu, skema ini juga akan digunakan untuk menentukan semua jenis pekerjaan, spesifikasi, dan bahan bangunan. 

2. Menghitung volume pekerjaan dan harga satuan kerja

Volume pekerjaan didapatkan dari daftar harga satuan pekerjaan per meter persegi atau per unit. Sebaiknya Anda mendaftar setiap pekerjaan yang akan dilakukan. Setelah itu, Anda juga harus tentukan harga satuan kerja. Harga satuan kerja sendiri bisa juga dihitung dari harga upah dan material. 

3. Hitung jumlah biaya pekerjaan

Selanjutnya adalah menghitung jumlah biaya pekerjaan. Caranya dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan. Jika sudah, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat rekapitulasi yaitu jumlah total masing-masing bagian pekerjaan. Semuanya ditotal sehingga Anda mengerti jumlah keseluruhan biaya. 

Saat merencanakan RAB, jangan hanya berfokus pada harga satuan pekerjaan saja tetapi juga perhatikan bahan yang digunakan pembangunan nanti. Pastikan Anda memilih bahan dasar bangunan yang berkualitas seperti semen Tiga Roda. Semen adalah salah satu komponen bahan bangunan yang jadi penentu kualitas bangunan kedepannya. Ada banyak jenis semen Tiga Roda yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan anggaran RAB. Percayakan kualitas bangunan Anda dengan Semen Tiga Roda!



Berita Lainnya