5 Kriteria Jenis Bahan Bangunan Rumah Terbaik

24 Agustus 2020 | Hunian Impian | 790 views

Salah satu tahapan yang sangat penting saat akan membangun rumah adalah menentukan jenis bahan bangunan. Jenis bahan bangunan yang Anda pilih nantinya bisa mempengaruhi kualitas rumah yang akan Anda bangun. Karenanya penting untuk memilih bahan bangunan terbaik supaya rumah yang Anda bangun kokoh, dan artistik.

Bagi Anda yang sedang akan membangun rumah, berikut beberapa kriteria jenis bahan bangunan rumah terbaik yang bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli material yang dibutuhkan. 

1. Kriteria semen yang baik 

Semen adalah komponen penting dalam proses membangun rumah. Semen berkualitas baik ditandai dengan warna abu-abunya yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Semen terbaik mudah keras setelah diaplikasikan, biasanya 6 hingga 7 jam. Karena bahan-bahan pembuat semen berkualitas punya kepadatan yang sempurna, maka adukan yang dihasilkan olehs emen ebrcampur pasi dan batu split akan terasa lengket, kental, dan padat.

Pastikan sebelum memilih semen, Anda melihat sertifikat yang telah diraih oleh merek semen tersebut. Paling tidak sudah berlogo SNI. Salah satu merk semen terbaik adalah Tiga Roda. Tiga Roda adalah master semen berkualitas yang akan menjamin bangunan rumah Anda kokoh dan tahan lama.

2. Memilih batu pondasi yang baik

Setelah memilih semen yang baik, pilihlah batu pondasi yang berkualitas pula. Batu pondasi yang berkualitas adalah jenis batu belah. Ini adalah hasil pecahan dari batu bulat berukuran sangat besar.  Batu belah ada dua jenis, yaitu batu hitam dan putih kecoklatan. Membangun pondasi bangunan rumah cocok menggunakan batu ini karena bisa saling mengaitkan sehingga bisa membentuk pondasi rumah yang kuat. 

3. Mengenali batu bata berkualitas

Kalau pondasi rumah butuh batu belah, maka dinding rumah membutuhkan batu bata yang berkualitas agar tidak mudah retak, atau roboh. Jenis batu bata yang umum digunakan untuk membangun rumah adalah batu bata merah yang terbuat dari tanah liat. 

Menentukan batu bata merah berkualitas sangatlah mudah. Anda cukup mengetuk permukaan batu bata dan dengarkan suara yang muncul. Batu bata dengan kualitas tinggi biasanya punya suara ketukan yang nyaring. Dan ketika digenggam terasa ringan dengan ukuran pori-pori yang padat. Begitu juga sebaliknya, batu bata merah yang kurang berkualitas akan terasa berat ketika diangkat.

4. Jenis genteng yang baik

Atap rumah sangat membutuhkan genteng untuk melindungi penghuni rumah dari terik matahari, hujan, dan juga bahaya dari luar. Dari sekian banyak genteng yang ada, salah satu pilihan genteng terbaik adalah genteng keramik. Genteng jenis ini sudah teruji ketahanannya sejak dulu kala. Anda bisa melihatnya pada bangunan jaman dulu di daerah Jawa, kuil Cina, hingga kuil Jepang. Mengapa genteng keramik sangat tahan banting? Karena telah melalui proses pembakaran dalam suhu tinggi, mencapai 11.000 derajat celcius.

5. Pentingnya pasir berkualitas

Terakhir, bahan bangunan terbaik yang tidak boleh terlewatkan adalah pasir. Ciri-ciri pasir yang baik asalnya dari gunung, bukan pasir sungai ataupun pasir pantai. Pasir gunung sangat berkualitas karena tidak bercampur dengan lumpur. Mengapa pasir sangat penting tidak bercampur dengan lumpur? Ini demi menghemat pemakaian semen Anda. Selain berasal dari gunung, pasir yang baik tidak akan menggumpal ketika digenggam dan butirannya tajam. 

Nah, itu tadi jenis bahan bangunan berkualitas yang harus Anda kenali ciri-cirinya supaya tidak salah pilih saat akan membangun rumah nanti. Memakai bahan bangunan terbaik akan membuat rumah indah dan kokoh.

 


Berita Lainnya