Tips Membangun Rumah Kokoh Dengan Semen Tiga Roda

09 Oktober 2020 | | 366 views

Punya rumah yang indah di lokasi yang sempurna adalah dambaan setiap orang. Orang-orang, yang telah memutuskan untuk memilih rumah mandiri, dan telah mulai merencanakan untuk membangun rumah terkadang lebih fokus pada aspek bangunan dan konstruksi yang sederhana-sering mengabaikan pondasi yang kuat atau melihat kualitas semen. 

Yup! Fondasi yang kuat adalah sesuatu yang jarang diperhatikan orang. Untuk alasan yang sama, para pembangun pun mulai melupakan pentingnya membangun fondasi yang kuat. Mulai dari segi pondasi, hingga bahan bangunan, inilah tips membuat rumah yang kokoh!

1. Evaluasi Tanah

Melakukan evaluasi tanah yang tepat sebelum membangun pondasi rumah adalah ide yang bagus. Apakah rumah itu dibangun di atas dermaga dan balok atau pelat beton, pondasinya harus kokoh dan kuat. Tanah merupakan faktor yang menambah kekuatan pondasi. Ini membantu bangunan jadi lebih kuat. 

2. Membuat Pondasi Rumah yang Kuat 

Setiap rumah membutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh agar tahan lama;. Oleh karena itu, tidak boleh ada kompromi saat Anda mulai membangun rumah Anda. Selalu pastikan Anda meminta tukang menggunakan beton berkualitas dan bahan lainnya. Jika elemen rumah ini tidak dibuat dengan baik, Anda bisa dengan mudah melihat retakan di dinding  dan rumah jadi rentan roboh. Pondasi rumah yang kokoh bisa dicapai dengan memilih master semen berkualitas TIga Roda. Kualitas semen Tiga Roda sudah terjamin mutunya, karena sesuai dengan standar SNI.

kualitas semen

3. Bagian Atap

Banyak orang yang tidak terlalu memikirkan atap rumah mereka karena bagian ini memang jarang dilihat. Saat Anda berbicara dengan kontraktor tentang atap, Anda harus memastikan bahwa itu dapat menahan unsur-unsur seperti hujan, matahari, hujan es, dan salju. Anda dapat memilih dari banyak pilihan atap yang berbeda tetapi selalu mempertimbangkan iklim area tempat Anda tinggal saat membuat keputusan tentang bahannya.

Jangan berkompromi dengan atap Anda dengan asumsi bahwa semuanya akan baik-baik saja dengan atap yang murah. Ada banyak pilihan seperti aspal, genteng dan baja dan lain-lain. Terkadang, atap bisa rusak karena keausan, dan Anda harus selalu melakukan perbaikan segera. Jika Anda gagal menangani kebocoran dan retakan, ini dapat berisiko merusak dinding dan barang-barang Anda di dalam rumah.

4. Dinding Rumah 

Banyak rumah dibangun dengan beton yang letaknya strategis untuk menahan beban langit-langit dan atap. Namun, dinding juga berperan penting dalam melindungi Anda dari panas dan dingin. Banyak jenis bahan yang dapat digunakan untuk dinding Anda termasuk, batu bata, kayu, dan papan. 

Umumnya dinding rumah di Indonesia dibangun menggunakan bata, beton, dan semen. Perhitungkan untuk memilih merk semen terbaik Tiga Roda. Ada banyak jenis semen tiga roda yang bisa Anda pilih, mulai dari Portland Cement (PC) jenis I sampai jenis V, Semen Portland Komposit (PCC), Semen Putih, hingga Mortar TR-30 Acian Putih. Cuma Tiga Roda master semen berkualitas yang membuat bangunan rumah Anda terjamin kokohnya!

5. Jendela dan Pintu

Rumah yang nyaman memiliki sistem pencahayaan yang baik. Saat jendela dan pintu dibuka, matahari bisa masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, saat membangun rumah, pastikan bahwa Anda memikirkan tata letak pintu dan jendela sebaik mungkin. Pikirkan juga tentang potensi keamanan pintu dan jendela di masa datang. Jangan sampai akses pintu dan jendela aman dari pencurian.

 


Berita Lainnya