5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Anggaran Biaya Bangun Rumah

26 Oktober 2020 | | 309 views

Bagi Anda yang saat ini berencana untuk membangun rumah, perkara biaya bangun rumah pasti jadi hal yang paling diperhitungkan. Untuk itu, Anda butuh Rencana Anggaran Bangunan, supaya bisa menghitung estimasi biaya bangun rumah impian. 

Lebih dari itu, dengan adanya rencana anggaran bangunan (RAB), Anda bisa melakukan monitor penggunaan uang selama pembangunan rumah berlangsung. Anda dapat memantau harga material yang naik turun, perangkat keras, perangkat halus, hingga biaya tukang yang mengerjakan. 

Dalam pembuatan anggaran biaya bangun rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan saat membuat anggaran biaya bangun rumah!

1. Menghitung Luas Bangun

Untuk membuat anggaran biaya bangunan, Anda butuh menghitung luas lahan yang dibangun. Jangan pernah menganggap hal ini sepele, karena dengan mengetahui panjang dan lebar bangunan akan lebih mudah untuk menentukan anggaran seakurat mungkin. Anda bisa melakukan pengukuran dengan alat seperti roll meter, theodolite, atau meminta jasa tukang ukur yang sudah terpercaya. 

2. Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter  Persegi

Cara menghitung biaya bangunan rumah dengan metode ini memungkinkan adanya hasil yang berbeda. Karena biaya yang tercantum bergantung pada tipe bahan bangunan yang digunakan, harga bahan bangunan, biaya upah pekerja, dan biaya lainnya. Untuk menghitung biaya bangun rumah dengan cara ini, Anda harus melakukan 3 hal, yaitu mempersiapkan sketsa denah rumah yang diinginkan, menghitung luas bangunan yang sesuai dengan rencana denah, dan mencari estimasi biaya per meter yang dibutuhkan.

3. Melakukan Survei Harga Bangunan Langsung 

Untuk membuat estimasi biaya bangunan rumah yang valid, ada baiknya Anda survey bahan bangunan secara langsung. Survey bukan hanya untuk mengetahui harga tetapi juga bisa untuk membandingkan kualitas dari bahan bangunan yang diinginkan. Pada umumnya setiap toko bahan bangunan akan menjual jenis bahan bangunan yang bervariatif dengan harga yang berbeda pula. Dari sekian banyak jenis bahan bangunan, pastikan untuk memilih semen berkualitas. Karena semen jadi bahan bangunan utama untuk membangun rumah.

4. Ketahui Berapa Biaya Desain Rumah

Desain rumah tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Anda butuh arsitek atau interior desain untuk menggambar bangunan rumah seperti apa yang diinginkan. Dengan bantuan dua tenaga ahli ini, nanti akan mempermudah Anda untuk menghitung estimasi berapa biaya yang harus dikeluarkan saat membangun rumah. Jika kontraktor dan arsitek mengacu pada RAB ketika pembangunan nanti, maka biaya yang dikeluarkan jauh lebih bisa ditekan. 

5. Cek Harga Tukang

Sebelum memutuskan untuk menghitung rata-rata upah jasa tukang, ada baiknya jika kamu menanyakan lebih dulu estimasi harga yang mereka tawarkan. Biasanya jasa seorang tukang dihitung per hari dan per orang. Apalagi dalam membangun rumah, tidak mungkin jika tukang bekerja sendirian. Pun, belum tentu juga setiap hari mereka bekerja. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda persiapkan dana lebih pada bagian ini untuk menghindari pembengkakan anggaran selama pembangunan nanti. Jangan lupa juga mencari tukang yang reputasinya bagus. 

Nah, itu tadi hal-hal yang harus Anda perhatikan terkait biaya bangun rumah. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda saat menyusun rencana anggaran bangunan.

 


Berita Lainnya