pot bunga buatan sendiri
pot bunga buatan sendiri

DIY Pot Bunga Buatan Sendiri dari Bahan Semen Berkualitas

26 November 2020 | Gaya Hidup | 3616 views

Punya bahan bekas di rumah? Mengapa tidak mendaur-ulangnya menjadi sebuah kerajinan yang fungsional untuk mempercantik rumah? Salah satu hiasan rumah tangga yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan barang bekas adalah pot bunga. Jika sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang bagaimana cara membuat pot bunga minimalis dari beton. Sekarang ikuti tutorial membuat pot bunga buatan sendiri menggunakan semen dan handuk bekas. 

Alat dan Bahan 

Cara membuat pot sederhana ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini. 

  • Semen putih
  • Sarung tangan karet
  • Air
  • Pengaduk semen
  • Handuk
  • Wadah
  • Pot kecil
  • Pasir kasar
  • Cat akrilik

Cara Membuat Pot 

Setelah semua bahan dan peralatan di atas terkumpul. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti cara membuat pot di bawah ini.

Siapkan Adonan Semen

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan adonan semen. Pastikan untuk memakai sarung tangan dari karet sebelum memulai membuat adonan semen. Untuk jenis semennya, Anda bisa pilih semen berkualitas TIga Roda. 

Kemudian masukkan 2 cangkir semen ke dalam sebuah wadah yang sudah disiapkan lebih dulu, kemudian masukkan 1 cangkir air. Anda bisa mengubah ukuran ini sesuka hati tergantung dari seberapa besar pot yang diinginkan dibuat, namun pastikan ukuran perbandingannya tetap 2:1. 

Kemudian tambahkan sedikit pasir kasar lalu, aduk-aduk hingga semua bahan tersebut tercampur secara merata. Ciri-ciri adonan yang bagus adalah tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat. 

Masukkan Handuk dalam Adonan Semen

Langkah selanjutnya untuk membuat pot bunga buatan sendiri dari handuk bekas adalah membasahi lebih dulu handuk dengan air supaya adonan semen benar-benar meresap. Selanjutnya, buat lubang pada handuk untuk jalan pembuangan air pada pot nanti. Anda bisa membuat lubang di bagian bawah pot supaya tampilan pot tetap estetik. Celupkan handuk dalam adonan semen yang sudah tercampur rata sampai bagian permukaannya tertutup sempurna. 

Buat Bentuk Handuk Sesuai Keinginan

Disinilah saatnya Anda mengasah sisi artistik yang terpendam. Ambil handuk yang sudah tercampur dengan semen, tapi jangan sampai Anda memeras adonan semen yang melekat pada handuk. Balik posisi pot, kemudian letakkan handuk pada bagian atas. Bentuk handuk dan adonan semen sesuai dengan desain yang ada di pikiran Anda. Anda juga bisa mencari ide model pot unik di Pinterest sebagai inspirasi. 

Biarkan Pot Mengering

Jika pot sudah mulai terbentuk, biarkan pot mengering dalam kurun waktu semalam. Akan lebih baik jika Anda menjemur pot dan handuk ini di bawah matahari. Namun jika hujan mulai melanda, sebaiknya pindah ke tempat yang lebih tertutup. Jangan sampai pot ini kena air hujan dan membasahi semen yang mulai menyerap di handuk. Pastikan pot Anda benar-benar kering. 

Tambahkan Dekorasi Pada Pot

Setelah memastikan pot tersebut benar-benar kering. Anda bisa menambah ornamen dekoratif agar pot bunga tersebut tampak jauh lebih cantik. Hal mudah yang bisa dilakukan untuk mempercantik pot ini adalah dengan menggunakan cat akrilik berwarna. Buat pot dengan motif warna ombre atau satu warna solid untuk menghasilkan kesan minimalis. Pilihan warna pot pun bervariatif, mulai warna putih, hitam, atau pastel. 

Pot bunga buatan sendiri dari bahan semen dan handuk bekas ini bisa memakan waktu hingga tiga hari. Mulai proses pembuatan hingga pengeringan. Meski memakan waktu cukup lama, hasilnya tidak kalah cantik dengan pot yang dijual di toko. Bila Anda sisa semen, Anda bisa buat pot bunga minimalis dari beton sebagai hiasan exterior rumah. Selamat mencoba!

 


Berita Lainnya