Merk Semen
Merk Semen

Cara Memilih Merk Semen Terbaik Untuk Kebutuhan Bangunan Anda

30 November 2020 | Hunian Impian | 2249 views

Memiliki sebuah rumah atau bangunan yang kokoh memang menjadi impian bagi banyak orang. Salah satu bahan bangunan yang sangat digunakan untuk menentukan kekuatan bangunan Anda adalah sebuah semen. Memilih merk semen terbaik sangat dibutuhkan agar bangunan Anda kokoh dan bisa bertahan lama tak tergerus waktu dan cuaca. 

Namun Anda tidak bisa menggunakan sembarangan semen. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan, mulai dari harga, tipe dan merk semen. Sebaiknya memahami tipe semen mana yang dibutuhkan dan yang ada di pasaran. Pastikan untuk membeli master semen berkualitas Tiga Roda sebagai merk semen terbaik untuk mendapatkan bangunan yang berkualitas. Jika Anda masih merasa bingung dan awam tentang cara memilih merk semen yang baik dan benar, Anda bisa simak beberapa tips berikut ini. 

  1. Semen Abu-Abu 

Semen yang paling sering Anda jumpai adalah semen jenis ini. Semen tipe abu-abu ini sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti plester hingga beton. Umumnya terbuat dari batu kapur atau gamping yang ditambahkan bahan lain lalu diproduksi dengan cara dipanaskan dalam tanur. Untuk menggunakannya biasanya semen abu-abu ini masih harus dicampur bahan lain seperti pasir dengan takaran tertentu untuk menjadi adonan yang tepat dan siap digunakan. 

  1. Semen Putih

Tipe semen satu ini biasanya memiliki harga lebih tinggi daripada semen abu-abu yang ekonomis. Warna putihnya dihasilkan dari bahan-bahan yang memiliki kandungan besi dan magnesium oksida yang rendah, dimana sebenarnya kedua bahan itu yang membuat semen berwarna abu-abu. Semen putih biasanya digunakan untuk memasang keramik atau ubin, sesuatu yang bersifat dekoratif. Tidak banyak produsen semen putih, karena itu Anda hanya akan menemukan beberapa merk semen putih yang dijual dipasaran. 

  1. Semen Mortar

Semen mortar atau semen instan ini merupakan semen praktis, karena dalam satu karung semen sudah terdapat campuran dari semen, pasir, filler, dan bahan khusus yang membuat semen menjadi cepat kering. Itulah sebabnya kenapa semen tipe ini disebut semen instan atau mortar instan. Anda tidak perlu menambahkan bahan material lain, hanya cukup mengaduk semen mortar ke dalam air dengan takaran yang sesuai untuk mendapatkan kekentalan adonan semen yang diinginkan. Setelah itu semen sudah siap untuk digunakan. Semen ini menjadi salah satu pilihan favorit terutama bagi banyak bapak rumah tangga yang ingin memperbaiki rumahnya sendiri tanpa minta bantuan yang profesional dibidangnya. 

Semen mortar juga terdiri dari banyak jenis dengan keunggulan yang berbeda. Ada jenis semen mortar yang khusus untuk perekat bata yang ringan, khusus untuk plesteran dinding, acian plesteran, pemasangan keramik, dan masih banyak lagi. Semen mortar ini seperti master semen karena bisa digunakan dalam banyak hal. 

  1. Kualitas Semen

Setelah tahu tipe-tipe semen, Anda harus memastikan merk semen yang tepat. Caranya adalah dengan memperhatikan kualitas semen. Untuk menguji kualitas kekuatan semen biasanya dilakukan uji kuat dan dilihat dari lamanya dia kering. Semakin cepat kering maka semakin tidak baik kualitasnya,dan rawan retak. 

  1. Komposisi yang Tepat

Meskipun Anda sudah memilih master semen berkualitas, namun apapun mereknya jika Anda tidak  pandai dalam mengolah adonannya makan semua itu akan sia-sia. Pastikan untuk memperhitungkan jumlah tambahan air, pasir atau bahan lainnya saat membuat adonan semen. Jika kurang tepat komposisinya bisa memberikan hasil yang tidak kuat. Anda tidak akan ingin ini terjadi bukan?

 


Berita Lainnya