10 Jenis Bahan Bangunan untuk Rumah Modern yang Harus Anda Tahu

21 Desember 2020 | Hunian Impian | 1762 views

Hampir setiap orang memiliki tipe rumah idaman. Ada yang tertarik mengusung model rumah minimalis, klasik, hingga modern. Jika memilih membangun rumah bergaya modern, harus memperhatikan jenis bahan bangunan yang akan dipakai. Pastikan berkualitas agar bangunan kokoh dan bertahan dalam waktu yang lama.

Berikut beberapa material yang wajib untuk diketahui. 

  1. Bata Merah

Bata merah jadi salah satu jenis bahan bangunan utama untuk menjaga konstruksi rumah tetap kokoh. Kualitas dan kekuatannya juga lebih baik dari bahan pengganti lainnya, seperti batako. Oleh karena itu, harganya cukup mahal. Ukurannya beragam, ada yang besar dan sedang sehingga dapat disesuaikan dengan model rumah yang dibagun. 

  1. Semen

Semen berfungsi untuk merekatkan batu bata agar bisa menciptakan dinding yang kokoh. Selain tembok, semen juga bisa digunakan di lantai keramik. Agar merekat dengan baik, perlu membuat campuran dengan konsistensi antara air dan semen yang tepat. 

  1. Pasir 

Pasir digunakan untuk campuran semen. Umumnya, pasir yang baik punya bentuk butiran yang tajam karena lebih kuat untuk campuran perekat bata atau pun pondasi. Salah satu cara dalam menentukannya yaitu dengan mengepalkan pasir di tangan. Jika pasir menggumpal, maka kurang berkualitas. Sebaiknya, hindari memilih pasir dengan kandungan lumpur lebih dari 5%.

  1. Besi Beton

Ingin bangunan jadi lebih tahan lama? Anda bisa pilih jenis bahan bangunan besi beton. Ukurannya bervariasi, mulai dari 10 mm hingga 12 m. Jenis dari besi beton juga beragam, ada yang permukaannya polos, ulir, dan berbentuk kanal. Nantinya, kerangka besi akan diisi dengan adonan semen dan pasir.

  1. Kayu 

Material kayu juga masih populer dipakai untuk kerangka rumah. Jenisnya ada banyak, namun kayu asal Kalimantan seperti kayu kamper Rasamala dan kamper Samarinda punya kualitas yang jauh lebih baik. Namun, bagi Anda yang tidak menemukan jenis kayu tersebut, bisa memilih kayu dengan kandungan air kurang dari 20%. Bila perlu, pastikan kayu tadi telah melewati proses pengovenan agar tidak gampang lapuk.

  1. Triplek 

Triplek kerap dipakai sebagai penutup langit-langit atau plafon rumah agar terlihat lebih rapi. Agar kerangka rumah dapat tertutup dengan sempurna dan tampak indah, Anda bisa mendekorasi triplek dengan cat atau menambah ukiran cantik di sisinya.

  1. Genteng

Ketika membangun rumah, genteng jadi komponen yang krusial. Genteng merupakan salah satu material yang berguna untuk melindungi penghuni rumah dari teriknya sinar matahari secara langsung dan air hujan. Biasanya berbahan dasar tanah liat. Jenis bahan tersebut biasanya dianggap sangat kuat dan tidak mudah lapuk ketika dihadapi dengan perubahan cuaca. 

  1. Peran Keramik

Permukaan lantai biasanya dilapisi dengan bahan keramik. Bahkan, ada juga yang menggunakannya sebagai pelapis backsplash pada dapur. Memilih keramik yang berkualitas juga butuh ketelitian. Anda harus jeli dalam menentukan keramik yang solid. 

  1. Pipa

Membangun saluran air pada rumah termasuk langkah yang penting. Agar air tersalurkan dengan baik, pilih pipa yang berkualitas. Material pipa berfungsi untuk keperluan menyalurkan air di kamar mandi, wastafel, dapur, dan lainnya. 

  1. Cat

Anda yang ingin menampilkan kesan modern dan menambah nilai estetik pada bangunan rumah, bisa menggunakan cat untuk proses finishing. Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih sesuai preferensi Anda. 

Itulah jenis bahan bangunan yang wajib ada ketika membangun rumah. Anda yang ingin memastikan agar bangunan tetap kokoh, salah satunya bisa pilih produk dari Semen Tiga Roda sebagai bahan bangunan terbaik. Produk Semen Tiga Roda dengan Mastertech Formula sehingga kualitas semen tak perlu diragukan lagi.



Berita Lainnya