Memilih Dinding Ekspos untuk Hunian? Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui

20 Januari 2021 | Hunian Impian | 542 views

Tersedia banyak cara bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah, mulai dari menghias taman, pagar, hingga dinding pada hunian. Tampilan dinding bisa memberi pengaruh besar dan membuat suasana jadi nyaman. Pemilihan dinding dengan semen ekspos atau dinding semen tanpa finishing (plamir dan cat) akan lebih menarik. Tujuannya tak hanya menjadikan rumah terlihat lebih berkarakter tapi juga punya nilai estetis. Sebelum memilihnya, pastikan untuk gunakan kualitas semen yang baik agar dinding tahan lama dan kokoh. Berikut sejumlah tips penting untuk Anda catat. 

Pahami Teknik Aplikasi Pada Dinding 

Memilih dinding ekspos pada hunian tak boleh sembarangan. Ternyata, ada teknik khusus dalam mengaplikasikannya. Tekniknya terbagi menjadi tiga, pertama ada Teknik Garuk. Teknik ini mengharuskan untuk mencetak adukan semen ke dinding dengan bantuan alat dan hasilnya tergantung dari cetakan yang dipakai. Anda bebas memilih pola vertikal, horizontal, miring, kurva, ombak, atau lainnya. 

Kedua, menggunakan Teknik Acian yang diterapkan pada dinding plester dengan adukan semen dan pasir. Sebelum diaci, dinding plester harus didiamkan selama 2-3 minggu terlebih dahulu hingga lapisannya kering sempurna. Lapisan aci disarankan punya ketebalan sekitar 1-3 mm dan diratakan menggunakan roskam baja dengan arah melingkar. 

Sedangkan yang ketiga, memakai Teknik Kamprot. Melalui teknik ini, Anda bisa mendapatkan hasil dinding semen bertekstur kasar atau lembut. Caranya dengan mencampurkan adukan semen dan pasir. Pada teknik manual umumnya campuran tersebut diaplikasikan menggunakan kawat ayakan jarak 5-1- cm dari dinding. Sedangkan teknik lain, memakai bantuan alat penyemprot adukan semen agar lebih rapi, rata, dan halus. 

Perhatikan Penggunaan Lantai 

Selain dinding, material lantai juga termasuk hal yang harus diperhatikan dalam mendekorasi rumah. Tak masalah jika Anda menyukai warna abu-abu gelap dari semen. Namun, akan lebih baik jika menggunakan warna terang sehingga ruangan tidak terlihat suram. Pertimbangkan untuk seleksi material lantai dengan tekstur halus dan mengkilap, terutama untuk rumah dengan dinding ekspos. 

Anda dapat menggunakan master semen berkualitas dari Tiga Roda yang dibuat dengan Master Tech Formula agar senantiasa kokoh. Semen putih juga bisa dipakai untuk mengisi celah pada lantai Anda. Kualitas semen dan merk semen terbaik bisa Anda dapatkan dari Semen Tiga Roda!

Memilih Gaya Industrial

Tak hanya kafe, gaya industrial juga diminati untuk diterapkan di hunian pribadi. Bagi rumah dengan dinding ekspos, industrial jadi pilihan cocok dan paling netral. Estetika dinding ekspos akan serasi dengan tambahan elemen logam berlapis krom karena sama-sama mengandung warna abu-abu. Hal tersebut akan menonjolkan interior khas industrial. Anda pun bisa semakin bebas berkreasi dengan menambahkan dekorasi lain untuk mempercantik ruangan. 

Jangan Lupa Tambahkan Hiasan Dinding

Agar hunian terlihat semakin indah dan enak dipandang, Anda bisa tambahkan hiasan dinding. Misalnya seperti lukisan berwarna putih atau warna-warni yang bantu samarkan nada depresif oleh pancaran warna abu-abu pada semen. Memajang bingkai foto berwarna hitam dan putih juga jadi opsi lain yang dapat dipilih. 

Anda yang memilih semen ekspos pada dinding hunian, sederet langkah tadi bisa diterapkan. Mengutamakan keindahan memang penting, tapi jangan sampai mengabaikan material yang digunakan. Pilih kualitas semen yang bagus dari Tiga Roda. Ada banyak pilihan produk, mulai dari Portland Cement (PC) Jenis I, Portland Composite Cement (PCC), Oil Well Cement (OWC), dan masih banyak lagi. Bangunan jadi lebih kokoh dan tahan lama



Berita Lainnya