Rumah Modern Minimalis
Rumah Modern Minimalis

Tips Membangun Rumah Modern Minimalis dengan Budget Terbatas

05 Oktober 2021 | Hunian Impian | 168 views

Bagaimana cara membangun rumah minimalis modern dengan budget terbatas? Pastinya, Anda harus memperhatikan soal harga semen, merk semen terbaik, bahan bangunan lain, dan juga biaya tukang. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips membangun rumah modern minimalis. Ada baiknya Anda memahami lebih dulu tentang konsep bangunan rumah ini. 

Rumah Modern Minimalis

Rumah modern minimalis adalah salah satu model rumah dalam arsitektur modern yang memiliki penekanan sifat esensial dan menitikberatkan pada fungsi. Di kawasan kota, rumah dengan model ini biasanya terdiri dari beberapa lantai. Tapi, umumnya konsep rumah modern minimalis 1 lantai atau 2 lantai punya karakteristik yang sama, yaitu menjunjung kesederhanaan bentuk dan fungsi. Interiornya open space, dan memiliki hiasan minimalis yang sederhana. 

Konsep penerapan cat yang digunakan lebih berwarna namun dengan sentuhan warna pastel. Dari deskripsi ini, Anda bisa tahu bahwa untuk membangun rumah modern minimalis membutuhkan anggaran dan waktu yang tidak terlalu besar. Berikut 5 tips membangun rumah minimalis modern dengan budget terbatas. 

Melakukan Perencanaan dengan Tepat 

Langkah awal untuk membangun rumah minimalis modern adalah dengan melakukan perencanaan yang tepat. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait luas bangunan, ukuran bangunan, hingga kapan target bangunan tersebut akan selesai. 

Dengan melakukan perencanaan yang tepat dan matang, bisa menjadi pengontrol terhadap terjadinya kesalahan selama proses pembangunan berlangsung. Jika perencanaan tidak sesuai, bisa-bisa menyebabkan anggaran bengkak. 

Memilih Semen Terbaik dan Bahan Berkualitas

Di Indonesia sendiri, merk semen terbaik adalah Master Semen Berkualitas Tiga Roda. Ini adalah merek teratas dengan harga jual premium, dimana kualitas semennya tidak perlu diragukan lagi. Semen Tiga Roda adalah Master Semen Berkualitas yang paling tepat untuk konstruksi bangunan apapun. Kualitas semen Tiga Roda tak perlu diragukan lagi, kami menawarkan berbagai jenis semen yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Selain semen biasa, bangunan rumah modern minimalis juga dapat menggunakan semen putih Tiga Roda untuk mendapatkan hasil tembok yang baik dan bebas dari retak dan tidak gampang terkelupas. Semen putih memiliki kerapatan yang sangat baik dan akan membuat permukaan plesteran tembok Anda menjadi terlihat lebih halus dan tidak mudah untuk terkelupas. Selain semen terbaik Tiga Roda, Anda juga harus memperhatikan kualitas bahan bangunan lainnya seperti batu bata, pasir, kayu, hingga batu.

Memilih Tukang yang Selektif

Bukan hanya bahan bangunan terbaik yang patut jadi pertimbangan, tukang juga jadi bagian penting yang akan menghabiskan banyak dana. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih tukang. Tidak ada salahnya mencari tukang dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. 

Rajin Riset Harga

Membangun rumah minimalis modern dengan budget terbatas, artinya Anda harus rajin untuk cek harga bahan bangunan, tukang, dan alokasi pendanaan lain. Jangan segan untuk mengunjungi beberapa toko bangunan sekaligus demi mendapatkan harga material termurah. 

Membangun Bertahap

Sebagai pemilik rumah, Anda tidak harus mengumpulkan dana dalam jumlah yang banyak sesuai anggaran karena proses membangun bisa dilakukan secara bertahap. Mulai dari membuat pondasi lebih dulu, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap. Meskipun waktu yang dibutuhkan lebih lama, namun Anda bisa mengatur cash flow secara leluasa. Mengingat harga semen, harga tukang, dan bahan bangunan lain tidaklah murah. 



Berita Lainnya