Mortar Lebih Boros Dari Semen, Benarkah?

12 November 2021 | Hunian Impian | 292 views

Di tanah air, semen instan atau Mortar baru populer sekitar tahun 1996. Perlahan-lahan, Mortar mulai mencuri hati konsumen berkat keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh semen konvensional.

Meski demikian, masih banyak konsumen yang belum teredukasi dengan benar mengenai keunggulan bahan bangunan baru ini. Karena baru mendengar sepintas selalu tentang Mortar, seringkali timbul asumsi-asumsi yang keliru di benak konsumen. 

Misalnya saja, karena Mortar cukup dicapur dengan air saja untuk digunakan, maka ada yang beranggapan penggunaan Mortar akan lebih boros ketimbang semen konvensional.  Padahal asumsi ini sepenuhnya salah. 

Harus diingat, walau harga semen konvensional terkesan lebih murah, namun diperlukan pembelian material lain yaitu pasir. Seringkali mau tidak mau diperlukan paling tidak satu truk pasir. Pasalnya, banyak toko material akan menjatuhkan harga mahal untuk pembelian pasir yang diecer. Pemborosan seperti itu tak terjadi pada semen instan atau Mortar. Sebab yang diperlukan hanyalah air tanpa pasir.

Selain itu karena pekerja tidak perlu mencampur pasir maka pengerjaan dengan Mortar lebih efisien secara waktu. Jika tadinya dalam satu jam hanya dapat sekian meter dengan semen biasa, tapi dengan semen instan atau Mortar luas area yang bisa dikerjakan jauh lebih besar dalam waktu yang sama.

Di sisi lain Mortar memiliki konsistensi kualitas yang tak dimiliki oleh semen biasa karena pemilihan dan pencampuran bahan-bahannya dilakukan dengan mesin modern. Adanya aditif pada Mortar yang tak terkandung pada semen konvensional membuat Mortar memiliki daya rekat yang lebih tinggi sehingga mampu mencegah retak rambut dan proses pengeringan yang lebih cepat. Hasil akhir pengerjaan dengan semen Mortar pun memiliki daya tahan lebih baik sehingga akan menghemat biaya perawatan dalam jangka panjang. 

Jadi dapat kita simpulkan bahwa untuk membandingkan antara semen biasa dengan Mortar tidak dapat hanya memperbandingkan harga secara langsung. Namun juga harus mempertimbangkan banyak sekali benefit dan efisiensi yang didapat dengan menggunakan Mortar.



Berita Lainnya