Desain Taman Rumah Minimalis yang Unik

28 Desember 2021 | Hunian Impian | 353 views

Keberadaan taman menjadi salah satu syarat hunian sehat. Selain itu, rumah yang dilengkapi dengan aneka tanaman dapat memberikan kesan sejuk. Pentingnya peran sebuah taman, dapat membuat Anda mempertimbangkan untuk membuat taman minimalis di depan rumah. Meski lahan rumah Anda terbatas, namun Anda bisa mencoba berbagai cara membuat taman minimalis di depan rumah untuk menciptakan hunian yang sehat dan sejuk. 

Apalagi saat ini desain rumah minimalis sangatlah populer, tentunya bukan hal yang sulit bukan menambahkan taman minimalis di halaman rumah? Berikut kami bagian cara membuat taman minimalis yang mudah dan sederhana. 

1. Desain taman sesuai fungsi dan selera

Rencanakan dan pilih desain taman yang diinginkan. Anda juga harus mempertimbangkan fungsi taman minimalis yang akan dibuat di depan rumah. Apakah taman minimalis sebagai kebun sayur, menanam koleksi bunga hias, atau taman yang diisi dengan tanaman bumbu dapur. 

Anda juga harus menyesuaikan dengan ukuran lahan di halaman rumah. Idealnya letak taman harus terpisah dengan jalur akses penghuni rumah demi meminimalisir kerusakan, atau Anda bisa membuat jalur khusus untuk pijakan kaki supaya taman jadi lebih optimal. 

2. Memaksimalkan kualitas tanah 

Tidak semua tanah bisa bekerja maksimal dengan tanaman. Anda yang ingin membuat taman minimalis di depan rumah bisa menambah nutrisi atau unsur hara tanah menggunakan pupuk organik berupa sisa buah dan daun yang telah membusuk. Pastikan pemberian pupuk dilakukan secara merata, lakukan pencangkulan tanah agar air dan oksigen bisa terserap dengan mudah oleh akar tanaman. 

3. Pilih jenis tanaman untuk taman Anda

Jika tanah di halaman sudah siap, saatnya Anda memilih jenis tanaman yang ingin ditanam di halaman. Dalam proses ini, kamu bisa memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan Anda. Selain faktor cuaca, dimensi tanaman dan ukuran taman juga bisa menjadi pertimbangan. Beberapa jenis tanaman yang cukup tahan banting dan sering ditemukan di taman minimalis antara lain sri rejeki, bunga kertas, dan bunga sepatu.

4. Memasang paving yang indah 

Taman minimalis akan terlihat semakin indah dengan adanya paving. Pemilihan warna, cara pemasangan, dan gaya paving dapat memberikan kesan yang kuat untuk keseluruhan taman. Misalnya, warna batu abu-abu dan putih ditata secara acak dapat menimbulkan kesan pedesaan Perancis yang indah. 

Menurut John McGarr, salah seorang desainer dan perancang taman di Warnes McGarr & Co, menyarankan untuk menggunakan paving porselen. Paving porselen tidak menyerap air sehingga membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk dibersihkan dibanding paving tradisional. 

5. Taman minimalis kering dengan batu koral

Bagi Anda yang sangat sibuk dan jarang memiliki waktu luang untuk mengurus taman, desain taman minimalis kering bisa menjadi opsi yang cukup menarik. Dibandingkan menggunakan rumput, Anda bisa mengisi area bawah taman dengan batu koral. Saat ini sudah banyak rumah minimalis yang menerapkan desain taman kering seperti ini dengan alasan perawatan yang mudah. Untuk mempercantik taman ini, Anda bisa menambahkan kursi taman yang dapat digunakan bersantai saat sore. 

6. Taman minimalis vertikal 

Rumah minimalis Anda sempit? Untuk menyiasati keterbatasan tanah, Anda bisa membuat taman minimalis vertikal. Tempatkan susunan pot tanaman secara vertikal di area dinding pagar atau dinding eksterior rumah. Alternatif lain dengan membuat rangka shading jendela sebagai tempat pot tanaman. 

Itulah cara membuat taman minimalis yang langsung bisa Anda terapkan di hunian minimalis Anda. Selamat mencoba!



Berita Lainnya