4 Jenis Mortar Utama untuk Bangunan yang Lebih Kokoh dan Tahan Lama

29 Desember 2021 | Hunian Impian | 862 views

Dalam dunia konstruksi, material seperti semen, mortar, dan beton adalah tiga hal berbeda. Mortar merupakan campuran dari semen, pasir, dan kapur mati untuk menempelkan batu bata. Mortar lebih difungsikan sebagai adukan, mulai dari adukan perekat bata ringan, plester, acian, hingga keramik. Salah satu kunci utama agar bangunan tetap kokoh yaitu dengan memilih mortar berkualitas. Bagi Anda yang ingin membangun rumah, sebaiknya pahami dulu dengan beberapa jenis mortar utama sehingga bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk digunakan. 

  1. TR-20 Mortar Utama Plester Bata Ringan 

TR-20 Plester Plus merupakan salah satu mortar utama dari Semen Tiga Roda yang menjadi solusi dengan komposisi yang tepat dari materia pilihan berkualitas. TR-20 adalah hasil perpaduan dari Pasir Limestone, Semen Tiga Roda, dan Aditif. Ini akan sangat cocok digunakan sebagai plesteran bata ringan berkualitas agar hasilnya lebih halus dan tidak mudah retak. 

  1. TR-15 THINBED Perekat Bata Ringan 

Kebutuhan akan bata ringan di beberapa pekerjaan konstruksi pasti membutuhkan pasangan perekat yang tepat. TR-15 THINBED bekerja sebagai perekat yang kuat dan tipis yang menghasilkan pasangan dinding bata ringan juga ekonomis. Sebagai bata ringan, TR-15 memiliki daya rekat yang kuat dan penggunaannya lebih efisien serta efektif. Semua jenis bata ringan akan cocok menggunakan TR-15. 

  1. TR-10 Mortar Serbaguna

Bagi yang baru di dunia konstruksi, mungkin belum memahami material apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah bangunan. Jika menginginkan sesuatu yang simple, TR-10 dapat dijadikan pilihan. TR-10 merupakan mortar serbaguna yang praktis dan tahan lama. Mortar bangunan TR-10 terdiri dari bahan-bahan pilihan berkualitas, seperti Pasir Limestone, Semen Tiga Roda dan Aditif. Hasilnya pun lebih tahan lama, mampu merekat dengan kuat, dan praktis digunakan sehingga cocok untuk pengerjaan dinding. 

  1. TR-30 Mortar Acian Putih

TR30 dari Tiga Roda jadi pilihan tepat sebagai mortar untuk acian putih. Anda dapat menghasilkan permukaan acian yang lebih halus. TR-30 juga bisa meminimalisir keretakan dan terkelupasnya permukaan akibat sifat plastis dengan daya rekat tinggi. Selain itu, TR-30 juga cepat dan mudah dalam proses pengerjaan, lebih hemat dalam pemakaian material dan dapat digunakan pada permukaan beton dengan menambahkan lem putih.

Karakteristik Mortar Utama Berkualitas

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan mortar sebagai pengerjaan konstruksi Anda. Beberapa di antaranya, berfungsi sebagai bahan pengikat, mampu menutup permukaan yang tidak rata, dan plesteran. Selain itu, kegunaan lain dari mortar juga untuk mengaci tembok dan menjadi bahan mengecor sehingga pengerjaannya lebih singkat. 

Mortar bangunan berkualitas berbeda dengan mortar-mortar lainnya dan bisa diketahui dari karakteristik mortar itu sendiri. Biasanya, mortar berkualitas memiliki konsistensi campuran yang terus terjaga dan menghasilkan workability tinggi. Karena workability-nya tinggi, mortar berkualitas lebih mudah dan cepat dalam proses pengerjaannya. Sehingga, kualitas hasil pekerjaan juga meningkat, konstruksi lebih rapi, kuat, dan tahan lama. 

Contoh mortar utama berkualitas yang bisa Anda temukan di pasaran yaitu produksi dari Semen Tiga Roda. Tidak hanya unggul dari segi kualitas, mortar bangunan dari Tiga Roda juga direkomendasikan untuk pengerjaan konstruksi yang menginginkan kepraktisan dan efisiensi. Semua produk mortar dari Tiga Roda mampu mempermudah sekaligus mempercepat pelaksanaan konstruksi sehingga hasilnya lebih memuaskan



Berita Lainnya