5 Desain Kamar Tidur Minimalis Simple dan Elegan

17 Januari 2022 | Hunian Impian | 917 views

Memiliki lahan rumah yang sempit terkadang membuat Anda harus memutar otak untuk menghadirkan interior yang nyaman. Luas tiap-tiap ruangan tidak bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Umumnya, kamar tidur yang ada di rumah berlahan sempit memiliki ukuran 3x4. Lantas bagaimana cara menyiasati luas kamar tidur yang sempit ini? Kamar tidur minimalis menjadi pilihan favorit untuk menyiasati lahan yang sempit. 

Anda bisa mengisi kamar tidur minimalis sederhana dengan furniture yang paling fungsional. Tempat tidur untuk ukuran dua orang, lemari pakaian, atau meja dan kursi kantor sudah cukup membuat desain kamar tidur minimalis berfungsi dengan baik nan estetik.

1. Desain kamar tidur minimalis dengan hiasan dinding

Untuk menghilangkan kesan kaku dan dingin pada kamar tidur minimalis, Anda bisa menggunakan hiasan dinding, baik itu berupa wallpaper, partisi, maupun lukisan. Namun yang perlu diingat, jangan menempatkan terlalu banyak barang di area dinding agar tidak terkesan penuh dan sesak. Memajang beberapa bingkai foto atau lukisan dan tanaman hias sudah cukup membuatnya tampil lebih ekspresif. 

Meski luasnya terbatas, Anda bisa memaksimalkan tampilan perpaduan warna-warna netral earth tone seperti putih, coklat, hijau, yang dipercaya bisa membuat pikiran jadi lebih rileks sehingga Anda jadi merasa lebih nyaman dan betah berada di kamar. 

2. Memanfaatkan storage room secara maksimal 

Ketika Anda merasa butuh storage room untuk menyimpan banyak barang di kamar, Anda bisa menempatkan drawer dan ambalan saling berhadapan. Atau memanfaatkan meja yang memiliki banyak drawer. Untuk lemari pakaian, Anda bisa meletakkannya di sebelah kamar tidur. Sebagai opsi yang lebih praktis, Anda bisa memilih furniture custom untuk disesuaikan dengan ukuran kamar sehingga penataan ruangan jauh lebih fleksibel. 

3. Kamar tidur minimalis dengan ruang kerja 

Ingin menjadikan kamar tidur sekaligus tempat bekerja yang nyaman? Memadukan kamar tidur dan ruang kerja bisa menjadi opsi yang cukup menarik. Anda bisa mendapatkan kenyamanan beristirahat dan bekerja sekaligus dalam satu ruangan. 

Agar ruangan tidak terasa sesak, Anda bisa menggunakan konsep meja dan rak yang menyatu dengan dinding. Kemudian letakkan kamar tidur berhadapan dengan area dinding kerja, agar menyisakan space untuk berjalan dan bergerak di bagian tengah ruang kamar tidur. Pilih warna-warna netral seperti putih dan sentuhan warna pastel agar ruangan terasa lebih hidup. 

4. Desain kamar tidur minimalis nuansa kayu 

Kayu memiliki kesan dingin dan meneduhkan, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai elemen dekorasi di dalam kamar. Anda bisa menggunakan lantai kayu, furniture kayu, dan juga tempat tidur dari bahan kayu seperti di atas untuk memberikan kesan yang homey. 

Agar tidak terkesan polosan, Anda bisa menambahkan karpet berwarna grey di tengah ruangan. Tambahkan juga tanaman hijau supaya ruangan terasa tampak lebih asri. Putih akan menjadi kombinasi warna yang paling sempurna dengan elemen kayu. Warna ini juga bisa membuat ruangan Anda tampak lebih luas. 

5. Desain kamar tidur minimalis ala Korea

Salah satu desain kamar tidur minimalis yang banyak menjadi inspirasi adalah kamar minimalis ala Korea. Belakangan desain kamar tidur minimalis sederhana ala Korea banyak diminati karena semakin banyaknya masyarakat yang tinggal di apartemen, mereka membutuhkan desain nyaman untuk luasan apartemen yang sempit. 

Ciri-ciri kamar tidur minimalis ala Korea ada pada gorden panjang dominasi warna putih. Idealnya, panjang gorden menjuntai sampai ke dasar lantai. Selain itu, area kamar juga harus dilengkapi dengan bantal duduk atau kursi yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama teman. 

Dari kelima desain kamar tidur minimalis diatas, manakah yang jadi favorit Anda?



Berita Lainnya