Tips Persiapan Memilih Bahan Bangunan Saat Renovasi

17 Januari 2022 | Hunian Impian | 851 views

Belanja bahan bangunan bisa menjadi hal yang cukup rumit jika Anda baru melakukannya pertama kali. Terlebih, jika grade dan kualitasnya hadir dengan berbagai macam. Akan lebih baik untuk memilih semen terbaik dan berkualitas agar bangunan kokoh dan meminimalisir kerusakan lain yang pada akhirnya mengarah pada perbaikan. Agar tidak salah, berikut beberapa tips persiapan dalam memilih bangunan saat renovasi. 

Riset Terlebih Dahulu

Melakukan riset sebelum memilih bahan bangunan sangat penting agar tidak terjadi kesalahan dan menghindari kerusakan. Sebaiknya, pilihlah bahan dengan kualitas terbaik. Mulai dari semen terbaik, pasir yang baik, baja yang kuat, dan lainnya. 

Mengukur Bangunan dengan Tepat

Melakukan pengukuran pada area yang ingin Anda renovasi termasuk hal penting. Dengan mengukur luas dengan tepat, Anda akan mempermudah proses pemasangan keramik atau pengecatan pada dinding. Spesifikasi dalam menentukan bahan pun jauh lebih mudah. Pengukuran yang tepat juga membuat Anda terhindar dari pemborosan ketika belanja bangunan. 

Mengumpulkan List Toko Bangunan

Jika ingin lebih menghemat biaya dan menentukan mana bahan bangunan yang berkualitas, Anda perlu melakukan riset akan beberapa toko bangunan lengkap dengan nomor teleponnya. Bikinlah list khusus dan hubungi masing-masing toko. Tanyakan tentang harga bangunan yang ingin dibeli dan ketersediaan bahan tersebut. Hal ini jauh lebih menghemat waktu Anda. 

Agen-agen besar dapat menjadi pilihan utama karena menawarkan harga yang relatif lebih murah. Jika ingin menentukan tempat yang menjual bahan bangunan, hindari toko bangunan yang kecil. Sebab, toko bangunan yang kecil biasanya menawarkan harga lebih mahal dengan kualitas yang tidak terlalu bagus dan ketersediaannya pun terbatas. 

Tentukan Banyaknya Jumlah Belanja Bahan Bangunan 

Tidak semua bahan bangunan Anda beli dalam jumlah banyak. Ada beberapa bahan bangunan yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan saja. Misalnya untuk pembelian hebel, pasir, semen, dan batu kali harus dibeli dalam jumlah banyak dan dibeli secara sekaligus. Ongkos kirimnya pun cukup besar sehingga minimal Anda harus membeli sebanyak satu truk.

Bahan pondasi tidak boleh dilewatkan karena sangat penting dalam membangun sebuah rumah atau melakukan renovasi. Pondasi yang kokoh akan membuat hunian menjadi awet dan tidak mudah retak khususnya bagian lantai dan dinding. Begitu halnya dengan semen, pilihlah semen terbaik agar mampu merekatkan batu pondasi dengan kuat.  Selanjutnya seperti pasir yang kualitasnya juga menentukan kekuatan bangunan. Semakin bagus kualitasnya, maka adonan bahan pun semakin kuat dan baik. 

Perhatikan Lokasi Penyimpanan

Ketika selesai membeli bahan bangunan, siapkan tempat penyimpanan yang memadai. Lokasi penyimpanan yang tidak baik akan membuat material cepat rusak karena suhu yang lembab pada ruangan. Bahan seperti semen sebaiknya tidak dibeli sekaligus. Hindari semen dari air. Berikanlah penutup dan jangan menempatkan semen langsung dengan tanah. Berilah balok-balok kayu yang dilapisi tripleks sebagai pelindungnya. 

Berdiskusi dengan Arsitek atau Mandor yang Bertanggung Jawab

Pastikan proses pembangunan berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Anda dapat mendiskusikannya dengan arsitek atau mandor untuk memantau pembangunan. Sebelum itu, Anda pun dapat mendiskusi tentang material yang tepat dan cocok. Setelah menemukan yang tepat, sesuaikan dengan anggaran yang telah disediakan. Tidak hanya membuat Anda terhindar dari kerugian tapi juga pemborosan. 

Itulah beberapa poin yang patut Anda perhatikan dalam memilih bahan bangunan untuk keperluan renovasi. Pilihlah bahan bangunan berkualitas, terutama semen terbaik seperti dari Semen Tiga Roda agar lebih kokoh. Meski harga Semen Tiga Roda terjangkau, kualitasnya yang dihadirkan tetap baik dan tidak perlu diragukan lagi. Pilih semen terbaik, Semen Tiga Roda



Berita Lainnya