Ide Inspirasi Desain Dapur untuk Rumah Minimalis

16 Februari 2022 | Hunian Impian | 710 views

Keberadaan rumah minimalis semakin menjamur dikarenakan peminatnya yang tinggi. Otomatis, berdampak pada keterbatasan lahan seperti ukuran ruang-ruang yang ada di dalam rumah, termasuk dapur. Tak heran jika desain dapur minimalis banyak digunakan karena bisa menciptakan kesan yang luas dibanding ukuran ruangan yang sebenarnya. 

Salah satu kelebihan dari desain dapur rumah minimalis adalah konsep yang dibuat sedemikian rupa agar fungsional secara penataan ruang. Berikut beberapa inspirasi desain dapur yang bisa Anda contek. 

Menggabungkan Dapur dengan Area Makan 

Dapur yang tergabung bersama area makan akan cocok jika Anda adalah pasangan yang baru menikah atau tinggal sendirian. Menggunakan deretan lemari untuk dijadikannya sebagai meja makan merupakan suatu cara yang menarik. Sejumlah peralatan seperti piring, gelas, sendok, cangkir, dan lainnya dapat ditaruh di dinding. 

Sementara untuk bahan-bahan makanan kering dapat diletakkan di lemari bagian bawah. Untuk menghidupkan ruangan, gantungkan beberapa bohlam lampu sebagai pemanis yang juga fungsional. 

Jika ingin lebih hemat, Anda dapat menyertakan jendela agar dapur mendapatkan pencahayaan yang baik di siang hari. Dengan begitu, Anda bisa menghemat penggunaan lampu di pagi dan siang hari. 

Konsep Dapur Open Space

Selalu ada cara untuk mempercantik tampilan dapur, bahkan jika ukurannya cukup terbatas seluas 2x2. Agar terlihat lapang, Anda bisa menerapkan konsep open space yang menyatu dengan ruangan lainnya. 

Ide dapur rumah minimalis satu ini hanya membatasi space dengan meja bar berukuran setengah tinggi badan orang dewasa. Tambahkan juga material kayu di bagian furnitur untuk membuat suasana dapur jadi tidak monoton, misalnya pada dapur built in, cooker hood, atau bagian luar rak kompor. 

Dapur dengan Meja dan Kursi Bar

Terkadang, kita perlu menyesuaikan gaya hidup dengan ukuran rumah yang dihuni. Ide desain dapur minimalis lainnya yaitu dengan menggabungkan ruang memasak dan meja makan dengan konsep bar dilengkapi juga dengan kursi bar. 

Untuk menonjolkan kesan minimalis, pilih furniture dengan warna serba putih dan berbentuk sederhana tanpa mengurangi fungsi utamanya. Beri sedikit aksen dengan menggunakan satu atau dua furnitur yang warnanya berbeda. 

Kitchen Set Letter L

Menggunakan kitchen set letter L bisa jadi alternatif pilihan untuk inspirasi dapur minimalis. Karakter satu ini mampu membuat dapur yang awalnya tampak sederhana terlihat luas dan nyaman. 

Kelebihan dari kitchen set letter L yang bisa memaksimalkan ruang, Anda pun akan merasa jauh lebih mudah dalam menjangkau peralatan masak yang dibutuhkan. Akan sebaiknya untuk tidak menutup rak penyimpanan agar ruangan tidak terlihat sumpek. Tambahkan juga lampu LED di bawah rak untuk menciptakan kesan lapang. 

Membuat Kitchen Island

Bosan dengan desain dapur yang menempel pada sisi dinding? Anda bisa coba untuk menggunakan kitchen island sebagai tempat untuk meletakkan kompor dan bak cuci piring sekaligus. Pilihlah yang berukuran kecil agar tidak membatasi ruang gerak. 

Agar terlihat lebih rapi, coba untuk meletakkan meja makan di samping kitchen island agar tidak perlu repot dan terlalu jauh untuk menyajikan makanan. Beri sentuhan modern dengan pemilihan warna abu-abu. 

Meski lahan untuk menerapkan desain dapur minimalis terbatas, bukan berarti Anda tidak menggunakan bahan bangunan yang berkualitas. Pilihlah bahan bangunan yang baik dan dikenal kokoh seperti Semen Berkualitas dari Tiga Roda. Hadir dengan harga terjangkau, namun tetap memberikan kualitas terbaik agar bangunan tahan lama. 



Berita Lainnya