Inspirasi Desain Konstruksi Rumah Generasi Milenial

16 Februari 2022 | Hunian Impian | 1268 views

Setiap orang, pasti memiliki rumah impian masing-masing. Di zaman serba modern seperti sekarang ini, Anda bisa menyatukan berbagai desain arsitektur unik namun tetap menarik untuk dipandang. Konsep ini banyak dinikmati oleh kalangan dari generasi milenial untuk menciptakan konstruksi bangunan rumah yang mungil, simple, dan menarik. 

Hunian yang mungil mengharuskan Anda untuk mengembangkan bangunan secara vertikal karena keterbatasan lahan. Akhirnya, desain rumah yang menggunakan model kolom/tiang pun digandrungi. Berikut Inspirasi desain konstruksi bangunan yang cocok untuk milenial. 

Rumah Desain Industrial 

Konsep desain industrial yang banyak digunakan di kafe-kafe ini juga bisa diterapkan pada hunian pribadi. Desain industrial lekat dengan kesan rumah yang belum “jadi” karena finishingnya tidak seperti rumah pada umumnya. Namun, jika berada di tangan arsitek profesional, justru akan menjadi rumah yang unik dan nyaman dihuni. 

Konsep Open Plan

Selain menentukan tema yang sesuai untuk diterapkan pada konstruksi bangunan, Anda juga bisa memiliki rumah idaman bergaya milenial yaitu dengan menerapkan konsep open plan. Artinya, bagian interior tidak memiliki banyak sekat sehingga ruangan terkesan luas karena keterbatasan lahan. 

Jika ingin menerapkan konsep satu ini, Anda harus cermat dalam mendekorasi ruangan agar terlihat lapang. Hindari menggunakan terlalu banyak furnitur yang justru membatasi ruang bergerak. Ruang-ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, usahakan menjadi satu tanpa sekat. Namun, kekurangan yang perlu diperhatikan ketika menerapkan konsep open plan yaitu sedikitnya area yang bersifat privat. 

Plafon dengan Langit-Langit Tinggi

Salah satu kesukaan generasi millennial jika membicarakan hunian idaman mereka yaitu rumah dengan plafon langit-langit tinggi. Gaya konstruksi bangunan seperti ini banyak diminati karena mampu memberikan kesan luas karena lahannya yang terbatas. Tidak harus memberikan banyak aksen, hal itu akan membuat ruangan jadi terlihat tidak simple. Bahkan cenderung ramai dan banyak barang.  

Fasad Unik 

Bagi millennial, fasad merupakan bagian yang tidak boleh terlewat. Tampilan yang unik, simple, dan tidak banyak aksen mampu memberikan kesan yang modern dan dinamis. Pengaplikasian warnanya pun cenderung hangat, bukan warna yang mencolok. Fasad yang modern dan simple akan lebih baik didominasi oleh warna-warna seperti putih, hitam, abu-abu, atau coklat. 

Desain Pagar yang Senada

Siapa bilang bahwa desain pada pagar tidaklah penting? Justru, elemen satu ini mampu menambah nilai keindahan pada suatu hunian. Warna-warna yang terlalu mencolok akan membuat orang yang melihatnya terlalu fokus dengan pagar daripada rumah atau hunian itu sendiri. Karena generasi milenial lebih mengedepankan desain bangunan yang simple, maka warna-warna yang sesuai dengan warna pada fasad akan jauh lebih cocok dan terlihat kalem. 

Membuat Private Room di Lantai 2

Menciptakan private room di lantai 2 menjadi solusi untuk hunian yang menerapkan konsep open plan karena kurangnya area privat. Tidak perlu yang begitu luas, buatlah ruang yang cukup dan tambahkan furnitur yang juga fungsional untuk membuat suasana ruang terasa nyaman. 

Itulah beberapa inspirasi konstruksi bangunan yang digandrungi milenial untuk hunian di lahan terbatas. Meski berdiri di lahan terbatas, Anda harus pilih bahan bangunan yang berkualitas agar bangunan kokoh dan tahan lama, seperti Master Semen Berkualitas Tiga Roda. Apalagi, harganya yang terjangkau mampu menghemat biaya konstruksi rumah impian Anda. Semen Tiga Roda memberikan hasil tembok yang baik dan bebas retakan dan tidak gampang mengelupas.



Berita Lainnya