Desain Interior Ruang Keluarga yang Nyaman dan Menginspirasi

16 Februari 2022 | Hunian Impian | 1335 views

Waktu bersantai di ruang keluarga adalah momen yang paling ditunggu oleh seluruh anggota keluarga. Itulah mengapa desain ruang keluarga pasti dibuat senyaman mungkin, meski ukurannya tidak selalu luas. Apalagi bagi Anda yang memiliki desain rumah minimalis, butuh banyak inspirasi ruang keluarga dari para ahli agar bisa menghadirkan ruangan yang homey dan menenangkan. 

Desain ruang keluarga tidak harus selalu disesuaikan dengan konsep rumah, tetapi juga sesuai kebutuhan anggota keluarga. Jangan sampai ada anggota keluarga yang merasa kurang nyaman dengan interior ruang keluarga. Untuk memudahkan Anda dalam memilih desain ruang keluarga, berikut inspirasi ruang keluarga yang sesuai konsep desain rumah minimalis. 

1. Inspirasi ruang keluarga bergaya modern 

Di era yang serba modern ini, gaya yang paling mudah diterapkan pada hunian adalah gaya modern. Anda bisa menghadirkan nuansa warna-warna netral seperti putih dan abu-abu untuk warna dinding. Sementara untuk furniture, Anda bisa memilih furniture dengan gaya modern - minimalis berbahan kayu. Tambahkan karpet agar terasa lebih hangat dan nyaman. 

Bagi Anda yang memiliki ruang keluarga dengan luas terbatas, supaya menghemat tempat, gunakan TV LED yang diletakkan menggantung pada dinding, kemudian jadikan meja TV sebagai tempat dekorasi. Agar ruangan semakin cantik, Anda bisa menambahkan hiasan berupa tanaman indoor yang diletakkan di sudut ruangan. 

2. Ruang keluarga estetik dengan dekorasi buku

Keluarga Anda pecinta buku? Anda bisa menghadirkan interior buku display untuk menghiasi ruang keluarga Anda. Ruang keluarga ini juga sekaligus bisa difungsikan sebagai perpustakaan keluarga, tempat dimana Anda dan si kecil belajar bersama. 

Letakkan rak buku berukuran besar di bagian tengah ruangan, untuk memberikan kesan dramatis, Anda bisa memilih rak buku super tinggi yang menjuntai hingga langit-langit ruangan. Pilih sofa yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat membaca. Tambahkan beberapa bantal yang nyaman untuk menemai aktivitas membaca anggota keluarga. Jangan lupa untuk memastikan pencahayaan cukup terang di malam hari.

3. Ruang keluarga serba putih bergaya Scandinavian

Gaya interior scandinavian adalah salah satu gaya interior yang digemari untuk desain rumah minimalis. Prinsip utama konsep scandinavian adalah sederhana, menggunakan elemen alami, dan fungsionalitasnya. Tak lupa, gaya ini identik dengan warna putih yang mampu menghadirkan suasana bersih dan lapang. 

Skema warna perabot yang bisa Anda pilih untuk melengkapi ruang keluarga scandinavian antara lain hitam, putih, abu-abu, dan warna pastel yang lembut. Sementara untuk perabot, disarankan yang memiliki material kayu alami, bisa dijadikan sebagai focal point untuk menghadirkan kesan alami dan natural. Menambahkan tanaman indoor juga bisa menjadi cara untuk memperkuat aksen alami. 

4. Ruang keluarga yang digabung dengan ruang kerja

Ingin bekerja tapi tak ingin melewatkan kehangatan berkumpul bersama keluarga? Anda bisa menggabungkan ruang keluarga dan ruang kerja sekaligus dalam satu area. Untuk memberikan pembatas antara ruang keluarga dan ruang kerja, tak perlu partisi, Anda bisa menggunakan karpet dengan aksen warna yang berbeda. Meski menjadikan ruang keluarga sekaligus ruang kerja, jangan biarkan pikiran Anda tentang pekerjaan mengganggu waktu berkumpul Anda. 

5. Ruang keluarga bergaya bohemian chic

Gaya bohemian belakangan sangat populer, utamanya di rumah-rumah kawasan negara tropis. Dengan menerapkan interior bergaya bohemian, Anda bisa membuat rumah terlihat casual tanpa meninggalkan unsur modern. Beberapa aksesoris yang kental dengan gaya bohemian adalah karet rotan, karpet rumbai, macrame, dan bantal berwarna-warni. 

Dari kelima inspirasi ruang keluarga di atas, mana yang paling cocok dengan Anda dan keluarga? 



Berita Lainnya