Inspirasi Desain
Inspirasi Desain

Ide dan Kreasi Desain Taman Depan Rumah dengan Lahan Sempit

28 Maret 2022 | Hunian Impian | 1263 views

Keberadaan taman dapat memberikan udara segar pada sebuah hunian. Taman juga menjadi bagian yang dapat mempengaruhi fasad rumah. Maka itu, desain taman harus ditata dengan baik. Anda bisa memulai dari menentukan konsep, jenis tanaman, dan elemen dekorasi yang tepat. Jika lahannya terbatas, Anda masih bisa membuat taman rumah minimalis. Berikut beberapa inspirasi ide dan kreasi desain taman depan rumah yang bisa Anda terapkan pada hunian. 

Taman Minimalis di Sudut Halaman 

Tidak perlu butuh banyak ruang, cukup dengan menyisakan sedikit space di bagian halaman rumah, lalu manfaatkan sebagai taman. Anda dapat menghiasnya dengan sedikit tumbuhan dan bebatuan. Selain itu, tempatkan juga batuan besar untuk menampung tanaman air untuk memberi kesan yang menyegarkan. 

Taman dengan Jalan Setapak 

Jalan setapak tidak hanya menambah keindahan pada fasad, tapi juga membuat penghuninya lebih leluasa untuk mengakses taman tanpa harus merusaknya. Anda bisa menghiasi jalan setapak dengan rumput dari pagar menuju pintu rumah. Meski kecil, taman hijau seperti ini mampu memberikan kesan natural pada hunian. 

Taman Kecil di Tangga Area Teras

Untuk rumah yang bangunannya lebih tinggi daripada bagian teras, Anda masih bisa menambahkan taman di pinggir tangga. Menambahkan rerumputan di sela-selanya dapat membuat teras depan rumah terlihat lebih estetik. Biasanya, bangunan rumah seperti ini dilakukan untuk menghindari hal-hal seperti banjir. 

Taman dari Batu Alam 

Taman depan rumah yang dihias dengan batu alam dapat Anda jadikan referensi. Menghadirkan elemen batu alam juga membuat tampilan depan rumah jadi lebih kreatif. Anda bisa memilih batu-batuan kali untuk dipadukan dengan batu bata di sekitar tanaman. 

Taman dengan Calathea 

Calathea jadi tanaman andalan yang biasa digunakan untuk desain taman depan rumah minimalis. Daunnya yang lebar dapat memberikan kesan segar bagi siapa saja yang memandangnya. Karakteristiknya yang berbatang tinggi cocok ditempatkan di taman bagian depan. Anda dapat menambahkan rumput untuk melengkapi desain taman di rumah lahan sempit.  

Taman Bunga

Jika Anda ingin menampilkan kesan taman yang penuh warna, taman bunga dapat dijadikan pilihan. Anda bisa memilih berbagai jenis tumbuhan berbunga dan atur posisi tanaman sesuai warna maupun ukuran. Bunga-bunga membuat suasana rumah menjadi lebih segar. 

Batu Koral Untuk Taman yang Lebih Simple

Mungkin, menanam rumput membutuhkan beberapa pertimbangan dan perawatan tertentu. Jika tidak dirawat, rumput bisa menjadi kering dan dapat memperburuk tampilan depan rumah sehingga menjadi kurang indah. Rumput juga berisiko membuat taman jadi tergenang air jika tidak ditanam dengan cara yang tepat. Anda bisa memilih untuk menggunakan batu-batu koral atau kerikil sebagai penutup tanah. 

Batu koral memiliki keunikan pada warna dan bentuknya, seperti koral putih, jingga, cokelat, hitam, dan lain-lain. Sedangkan warnanya, tergolong netral mulai dari abu-abu, merah bata, dan hitam. Taman rumah minimalis dengan batu koral relatif lebih aman dari risiko becek. Tampilannya pun jauh lebih modern. 

Saat membangun taman, Anda pasti juga perlu membangun dinding semen yang berfungsi sebagai sekat atau partisi pada halaman. Sehingga, tampilan taman tertata rapi. Halaman depan pun juga tidak mudah kotor. Pilihlah bahan dasar berkualitas seperti Master Semen Tiga Roda. Semen Tiga Roda memberikan hasil yang kokoh. Tidak hanya memberikan kualitas terbaik, harga Semen Tiga Roda juga terjangkau. Sehingga, sangat cocok untuk membangun taman rumah minimalis di sudut hunian.



Berita Lainnya